Tuesday 23 June 2009

sebuah pilihan . .

hmmmmm ...
wah, untuk nentuin mau masuk sma mana itu ternyata susah juga. nggak kayak dulu waktu kelas 7 atau 8 yang bisa seenaknya nyebut mau masuk sana atau sini. ternyata, ketika sebuah pilihan itu sudah harus kita putuskan dalam waktu dekat, piihan itu justru semakin sulit. butuh pemikiran yang nggak asal-asalan dan nggak maen-maen!

dulu, waktu sd, sebelum ujian cari nem buat smp kalau ikut try out atau tes dari sekolah biasanya ada pilihan sekolah, nah, dulu itu aku pengen masuk smp 1 jogja banget. alasannya, kakakku yang alumni smp1 itu sukanya ngomongin smp1 waktu itu. jadi, yang ada dipikiranku adalah: smp 1 hebat bgt! dan emang sih. tapiiiiiiiii, lama-lama temen dan bahkan guruku pada nanyain," kok nggak pilih smp 5 atau delapan aja?". dulu saking semangatnya, aku pernah bilang," karna sekarang aku murid sd ungaran1, entar pengen nerusin sekolah ke smp 1 trus masuk sma 1 biar jadi orang nomor 1!!" haha. pancen geje!^^

tapi, karna ngeliat temen2 kok pada milih smp8, ya aku akhirnya membuka mata. dan di sini lah aku, smp 8. kenapa nggak smp 5?? karna dulu ada gosip dan anggapan kalo smp 5 itu anaknya borjuis dan gurunya galak2 (kalo sekarang aku dah tau, guru galak ada di mana2! tersebar secara merata di seluruh jogja.)! trus sma 3 dulu juga dianggap gitu di sd. jadi dulu aku cita2 sma1.

nahhh, setelah masuk smp 8, aku udah lupa sama sekali gosip2 dan rumor tentang suatu sma. jadi dulu kalo ditanya, aku bisa aja jawab sma 3, sma 8, sma 1, sma 5, dll dgn entengnya.

o iya, dulu itu temenku waktu sd, olga, pernah ngomongin sma6. lha terus aku yang masih kelas 6 sd tanya sama ibuku,"bu, sma 6 tu bagus nggak to??" lha terus si ibu malah jawab,"enggak boleh! enggak boleh masuk sma 6. mending cari sma laen aja. yang penting jangan masuk sma 6." wow. padahal aku cuma tanya bagus apa ndak lho. mungkin sma 6 dah terkenal sering tawur dari dulu, jadi mungkin ibuku takut anaknya kenapa2.

terus, dulu mey pernah bilang mau masuk sma 1. terus aku ngomong sama ibuku lagi. ibuku bilang,"jangan sma 1, fin. yang lain aja. sma 1 itu jauh bgt! bisa stres kamu karna harus bangun pagi hanya supaya ndak telat!". o iya, bener jugak. jangankan sma 1 yang jauh, smp 8 yang hanya 15 menit dari rumah aja telat terus! makanya keinginan masuk sma 1 udah nggak ada sama sekali. kan nggak lucu bgt, minimal 1/24 dari hidupku selama 3 tahun hanya dipake buat perjalanan bolak-balik rumah-sma1. wah, mending enggak deh. daripada nglaju, sma yang deket rumah aja bagus2 kok.

untung rumahku ada di jogja. di daerah kusumanegara, tepatnya jl. celeban, tahunan, umbulharjo, jogja. jadi karna smp 8 terhitung nggak jauh2 bgt, berarti sma di sekitar smp 8 juga ndak terlalu jauh, menurutku. apalagi sma 8 dan sma 5. sma 8 ada di jalan kusumanegara, sma 5 di kotagede.

karna aku ngerasa sma 8 itu deket, jadi aku pengen masuk sma 8. apalagi sma 8 bukannya sma nggak bagus. udah deket, favorit pulak! kurang apa coba?? makanya aku antusias bgt waktu ikut try out di sma 8 (walo akhirnya aku cape bgt gara2 try outnya lamaaaa bgt! bikin pegel mata dan badan!). terus ditambah waktu beberapa guru sma 8 dateng ke smp 8 buat promosi SBInya. wuih, semangat! akhirnya yang ada di pikiranku, aku harus dapet nilai super bagus supaya bisa masuk sma 8. amin.

sebenernya motivasiku untuk dapet nem bagus adalah aku nggak mau bikin ibu-bapak jadi khawatir dan repot cuma gara-gara nyariin sekolah buat aku. apalagi cita2ku nggak rendah, aku pengen masuk sma 8! jadi niatnya, aku pengen berusaha sebaik mungkin.
walo akhirnya, niat itu cukup sampai di hati dan pikiran saja!^^

terus, setelah hasilnya keluar, sebenernya cita2ku masih sma 8. tapi karna banyak yang bilang nilaiku insyaallah bisa masuk sma3, aku jadi goyah. kalo pake data kemaren, dengan nilaiku sekarang, insyaallah sih cukup. tapi itukan taun kemariinnnnn.

terus aku telpon sodaraku yang di sma 3, tanya2 tentang sma 3. kan aku mantep bgt pilih sma 8 karna aku tau kelebihan2 sma 8. kan nggak adil kalo aku lebih milih sma 8 daripada sma 3 hanya gara2 sempitnya informasi yang kupunya. daripada nyesel, mending nanya2 dulu. ehhhhhhhhh, ternyata sma 3 asik juga programnya! kan yang aku tertarik bgt dari sma 8 adalah yang homestay di desa. lah ternyata sma 3 jugak ada! walopun acaranya lebih ke acara rohanian sih. tapi kan ada!! wah, aku jadi semakin bingung.^^

bukannya nilaiku super bagus sehingga aku bisa masuk mana aja, sih .. sebenernya justru, entah kenapa aku ini pesimis bgt sama nilaiku kalo untuk masuk sma 3. gila aja! nilaiku cuma 36, 95 sementara banyak anak2 yang nilainya di atas 37!! pun aku punya tambahan nilai, tapi yang punya tambahan nilai itu nggak cuma aku! banyak juga anak2 berprestasi di luar sana yang nilai tambahannya mungkin lebih dari 1 .. apalagi tambahan nilai yang diurus smp 8 menurut indita geje bgt. indi aja mpe ragu! huhuhuu .. jadi kalo mau milih sma 3 rada berat.

dan ada lagi, menurutku mungkin anak2 sma 8 cenderung santai dan asik karna mreka nggak terbebani dengan status sma no.1 di jogja. kalo urusan cari pengalaman, kayaknya sma 8 udah mantep. tapi sma 3 juga banyak kegiatan. dan itu dibutuhin kepanitiaan. itu kan juga nambah pengalamannn. tapi menurutku tetep anak2 sma 8 seharusnya lebih asik. itulah salah satu alasan dulu aku lebih milih smp8 daripada smp5. pikirku dulu, kan nggak asik bgt maen sama anak2 pinter. apalagi pramuka! tapiiiiiiiiiiiiii, ternyata kegiatan pramuka aja ternyata tetep asik juga kok sama anak2 pinter. buktinya temen2 dp smp 8 yang asik2! nggak hanya pramuka, yang lain juga ternyata tetep asik. jadi aku tambah bingung!!

mas dodit tak tanyain kataya lebih milih sma 8, kalo rehan sma 3, kalo mas nino ndak tau. nek ibu-bapak terserah aku. lah! malah jadi super bingung, kan??

piye iki??

1 comment:

  1. hha fin kok sama sih.. dulu aku pas nanya ke ibuku,, tentang gimana kalau masuk Delayota.. ibukku juga bilang,, jangan!! soalnya kejauhan nanti bisa capek tiap apgi dan blah blah blah hhaaaaaa

    ReplyDelete