Sunday, 1 December 2013

cita-cita

Waktu kelas 2 SMA dulu adalah pertama kalinya aku mulai memutuskan, mulai mantep kepengin jadi dokter. Ibu pesen ke aku,"Fin, kalau mau jadi dokter itu harus seneng belajar karena dokter itu sekolahnya seumur hidup. Sampai tua pun harus terus belajar untuk update ilmu karena ilmu kedokteran itu terus berkembang."
Dulu sih masih awal-awal aku baru mikirnya kepengin jadi dokter doang. Setelah jadi dokter mau apa itu nanti aja sambil jalan hahaha :p

Bapak sih nyaraninnya yang nggak emergency2 banget kayak kulit, mata atau THT. Kalau keluarga ada yg nanya aku mau jadi dokter spesialis apa, aku jawab belum tau, mungkin mata atau kulit. Biasanya ibu bantu jawabin aku kalau ada yang usul "obgyn aja fin" Ibu,"Ora. Nek obgyn ora entuk" wkwk. Aku sih dulu iya iya aja. Sekarang udah lewat blok obgyn jadi udah tau kurang lebih kenapa ibu bapak nggak pengen aku jadi spesialis obgyn! Hehe ;)

Sebagai anak awam, aku cuma bisa bilang obgyn itu asyik dan seru banget! Ini adalah kesimpulan yg diambil oleh mahasiswa yg belum pernah bantu partus sama sekali, pernahnya baru lecture, tutorial, baca textbook, skills lab dan mlipir lewat kamar bayi doang! Hahaha :p
Tapi ya pengorbanan atas keasyikan dan keseruannya jadi Sp.OG adalah rata2 obgyn itu super sibuk! Berat! Aku yakin nggak hanya orang tuaku yg nggak pengin anak perempuannya jadi dokter obgyn. Salah satu dosenku juga pernah cerita bahwa beliau melarang menantunya yg mau daftar PPDS obgyn, "Yang ngurus anakmu nanti siapa?". Beda sama mata yang kalau butuh tindakan masih bisa elektif, kalau obgyn banyak CITOnya! Lagipula orang melahirkan itu, walau udah ada HPL (hari perkiraan lahir), seringnya nggak sesuai. Bisa maju bisa mundur, dan jamnya pun nggak bisa minta cuma di antara pagi-sore doang :B
Makanya aku kadang heran liat banyak dokter spesialis/residen obgyn perempuan. Kalian hebat! Aku salut karena mereka mau berusaha keras demi keluarga, suami, anak dan sekaligus demi pasien-pasien yg bisa dibilang 'orang lain' :")

Dulu sempet kepingin mata simply karna bapak pernah nyaranin. Sekarang udah enggak kepengin lagi. Obgyn jelas meracuni aku. Sekarang aku udah nggak pengin mata karena obgyn terlalu keren di mataku dan sejauh ini masih belum ada yg bisa nandingi obgyn ._.
Kulit? Dari dulu nggak terlalu seneng. Sampe akhirnya di blok 1.5 ada skills lab UKK. Beberapa temenku jijik lihat gambar2nya. Aku juga. Awalnya. Setelah ikut skills lab bukannya makin mantep nggak seneng kulit malah jadi seneng karna skillslabnya seru! Tapi cukup tau aja sih kalau kulit. Kayaknya enggak deh kalau berlanjut sampe Sp.KK :p
Kalau THT sampe hari ini belum pernah kepengin sama sekali. Ya walau gelarnya panjang dan kece, Sp.THT-KL, tetep nggak menarik minat hehehe :p
Selain itu, sejak masuk FK aku tertarik juga dengan pskiatri. Entah kenapa. Dulu pernah skills lab sama Sp.KJ dan beliau keren. Mungkin itu salah satu penyebab aku kepengin. Tapi sekarang udah enggak pengin lagi juga. Tapi ya nggak tau sih besok kalau udah mulai masuk blok yg ada jiwanya njuk jadi kepengin lagi apa enggak hehehe :p
Di blok 2.1 dulu kuliah dengan dokter Sp.OT. Ini bedah. Bedah orthopedi pula! Bisa dibilang ini 'lanang' banget. Tapi entah kenapa aku juga tertarik! Mungkin karna aku dapet lecturenya baru yg bagian pediatricnya doang kali ya, jadi masih unyu :3
Kalau ngomongin bedah biasanya nyebut anestesi. Kalau aku sedari awal nggak kepengin anes juga. Dulu udah pernah kuliah sama Sp.An tapi sangat dikit bahas tentang anesnya. Jadi belum tau anes itu ngapain aja. Tapi buat orang yg udah defek kemampuan matematikanya kayak aku gini kayaknya sebaiknya nggak usah kepengin anestesi deh hahaha :p
Sejak tahun kedua kan udah mulai ada praktikum PK. Sejak hari pertama praktikum PK itulah aku udah mantep nggak kepengin PK! HAHAHA! Pertama kali banget praktikum PK, aku kebagian tugas ngitungin jumlah sperma yg masih hidup atau viable! Bayangkan! Memang aku nggak pernah terlalu suka kegiatan yg melibatkan mikroskop sih.. Padahal ya mungkin PK nggak melulu pake mikroskop. Tapi cukup sudah aku nggak mau terlalu deket sama mikroskop lagi -..-
Sekarang lagi blok anak. Tapi aku juga nggak kepengin anak. Bukannya aku nggak suka. Aku sangat suka anak kecil malah. Bahkan bapakku belum pernah ngusulin Sp.A, jadi aku dapet kesan orang tuaku nggak nyaranin anak. Aku udah ngerasa cukup aja dengan Sp.A. Biar variasi :D

Sedari awal yg disebut2 yg klinis doang ya, hahaha. Memang aku kepenginnya yg klinis aja. Berhubung sekarang masih tahun ke-2, masih barusan mulai blok yg klinis, aku jelas masih belum tahu banyak tentang spesialisasi klinis. Tapi baru mulai aja udah ngerasa asik banget!! Makanya aku udah selak kepengin banget koas!!
Kakakku bilang koas nggak enak blas. Dan kalau baca koas racun juga kok kayaknya mesakke banget jadi koas. Tapi justru itu! Makin pengen!! XD

Ini asyiknya kuliah kedokteran. Hampir tiap blok baru adalah blok yg paling asik! Dulu aku bilang blok 2.1 seru banget melebihi blok-blok sebelumnya. Sekarang setelah lewat blok 2.2, blok 2.2 lah yg paling seru! Hehe, :9


Tapi ya tergantung deng. Ada juga anak yg kuliah kedokteran tu terpaksa. Cuma disuruh orang tua. Atau cuma ikut-ikutan temen. Atau malah jangan-jangan nurutin kata calon mertua :p
Kata ibu sih ada anak yg cuma disuruh orangtuanya daftar kedokteran, nilainya jelek, trus pas disuruh remidi dia nggak mau, "Saya masuk kedokteran cuma disuruh orang tua. Udah nggak papa nilainya pas aja yang penting bisa lulus, orang tua senang."
Duuuuuh, sedih banget kalau kayak gitu. Masalahnya aku yakin yg orang tuanya mau bukan ituuuu >.<
Emang sih, dulu udah pernah lecture sama dosen yg beliau juga belum terlalu lama lulusnya dari FK UGM, kata beliau nggak semua mahasiswa kedokteran setelah lulus nanti trus jadi dokter. Banyak temen seangkatan beliau yg cewek akhirnya pada nggak praktik karna 'ikut suami' hehehe. Ya iya sih.. Jadi dokter itu pengorbanan. Contohnya masku yg sekarang lagi ambil spesialis di UGM aja pulangnya 2 hari sekali karena ada tugas jaga dll. Ini malah habis stase luar kota 2 bulan jadi ninggal istrinya di rumah karena istrinya juga lagi residensi jadi kalaupun mau ikut nggak bisa. Residen itu udah sekolahnya lama, susah, nggak digaji, disuruh2, dan capek pastinya! Jadi bisa maklum waktu denger cerita beliau, kalau suami2 lulusan dokter itu lebih seneng istrinya di rumah hehehe ;)

Dengan adanya kasus yg sekarang lagi banyak dibicarakan mungkin orang makin aware ya dengan resiko dokter. Tapi itu segelintir doang dari banyaknya resiko. Bahkan aku yg masih awam aja tau resiko dokter lebih dari itu. Buat yg belum tau, gaji dokter dari pemerintah itu kecil. Bukan masalah kecilnya yg menyakitkan. Tapi kecilnya gaji dan besarnya resiko itu nggak sebanding! Dulu pernah diceritain alumni yg PTT ke pedalaman yg masuk kategori amat terpencil (kalau ada kategori ekstrim sangat terpencil aku lebih setuju pake istilah itu :p). Mau nolong pasien, niatnya baik aja pernah mau dibunuh warga setempat karna memang pendidikan di sana masih sangat jelek. Di daerahnya kakakku PTT dulu warganya nggak mau pulang kalau priksa tapi belum disuntik! Iya. Serius! 2011 masih ada aja masyarakat yg nganggep pergi ke dokter itu harus disuntik! (nggak tau juga ya kalau SEKARANG masih ada masyarakat yg begitu) -,-
Masalah pendidikan penting sih kalau menurutku. Jangan sampe luka yg bisa segera ditreatment dan prognosisnya bisa baik tapi karena dibawa ke alternatif malah sepsis njuk bosok trus setelah bingung dan dibawa ke RS malah harus amputasi. Ya silahkan kalau memang punya kepercayaan kayak gitu. Tapi mohon jangan marah2 ke dokternya yaa ;)
Belum lagi masalah fasilitas. Kata dosenku ketika skillslab rabu lalu, dokter luar negri itu sebenernya kagum lho sama dokter2 indonesia. Karena dengan fasilitas yg seadanya tetep bisa melayani dengan baik. Kalau di luar negri sana kan fasilitas oke. Jadi pemeriksaan penunjang gampang aja dilakuin. Jadi dokter2 indonesia itu keterampilan klinisnya mesti bagus untuk ngimbangi fasilitas yg seadanya.

Dengan segala resikonya, aku tetep cita-cita jadi dokter. Waktu milih kedokteran juga sebenernya bukannya tanpa tau resikonya sama sekali.
Kalau pinjem istilah yg pernah dipake di koas racun yg pake istilah di Harry Potter, mereka yg 'muggles' tu nyampe ada yg ngomong "Tau gini nggak milih kedokteran ya.  Tau gini milih teknik aja"  "Besok kalau punya anak nggak tak ijinin masuk kedokteran"  atau malah ada yg ngomong, "Tau gini dagang bakmi aja"  -,-
Justru aku yg kaget dengernya. Maksudku, kirain udah tau dari dulu! Ya aku juga kaget sih dengan beberapa info yg baru kudenger setelah kuliah, tapi nggak segitunya. Aku half-blood. Jaman dahulu kala jauh lebih sadis pengetahuan masyarakat tentang ilmu kedokteran, fasilitas, dllnya dan aku udah pernah denger ceritanya sejak kecil ;)
Tapi ya kalau dipikir2 mungkin bukannya nggak sebanding deng. Karna in sya Allah jadi dokter itu bisa sambil kerja sambil cari pahala. In syaa Allah, aamiin. Hehehe ;)
Dulu sih motivasiku jadi dokter cupu: aku nggak tau kalau nggak jadi dokter mau jadi apa.
Sekarang aku bisa bilang kalau aku nggak menyesal milih kedokteran karena memang sekolah kedokteran itu asik dan seru banget! Tiap hari belajar dan dapet ilmu baru tentang fisiologi maupun pathologi tubuh itu berharga banget. Dan bener2 hanya bisa kagum dengan ciptaan Allah dan makin bersyukur aku masih cukup sehat dan bisa menikmati ilmu :")

Semoga bisa jadi dokter yg baik dan tau prioritas, disayang keluarga dan pasien :)
Tapi karena sekarang masih preklinik, cita-citaku yg segera adalah:
Semoga cepet bisa lulus S.Ked terus gek cepet koas!!
HAHAHAHAHA :p

Sunday, 27 October 2013

tahun kedua!




tutorial 1 sehabis karaoke:
nashir-shodoq-anna-fina-alfi-nika-bernita
kristop-ocep-widha

Nggak terasa sekarang udah masuk tahun kedua kuliah di PD FK UGM tercinta :")
Udah masuk blok yang klinis! hal-hal yang dulu ketika masih jadi mahasiswa tahun pertama adalah hal-hal yang 'cukup tahu' sekarang malah jadi penting dan harus tahu (dan keluar juga di ujian!). Misalnya yang paling gampang adalah manajemen pasien. Jaman tahun pertama itu nice to know banget :")

Kelompok tutorialnya juga beda di tahun kedua ini. Udah nggak tutorial bareng achar, dinar, carol, tika, ume, ucan, amri, ahmat, sama fajar lagi :")
Kelompok tutorialku bukan 18 lagi. Sekarang aku kelompok tutorial 1! Iya, satu banget -..-
Kelompok 1 isinya: widha, nika, bernita, anna, alfi, ocep, kristop, nashir, sama shodoq.
Anak ngale-ngale dan alay banget! Plus pada mager juga! Ahahaha! Seru juga. Terus juga pada suka main. Hihihihi ;)

Blok 2.1 udah lewat. Sekarang udah masuk blok 2.2 yang judulnya: Safe Motherhood and Neonates.
Blok yang sangat menarik kalau menurutku! Akhirnya ketemu juga sama blok obgyn!! XD
Blok 2.1 judulnya: Conception, Fetal Growth and Congenital Anomaly. Ya obgyn juga sih. Campur anak. Tapi kan belum terlalu masuk bagian melahirkan anaknya, ehehehe.

Nah, di blok 2.2 di week 2 ini menurutku termasuk minggu yang paling seru di tahun ke-2 ini! :D
Seeeeemuanya seru! Dari kuliah, tutorial, praktikum, termasuk tentamennya juga seru ;)

Senin:
jam 8-9 lecture 'Physiology of normal labor and delivery'
Ini adalah kuliah yang aku tunggu-tunggu banget! Judulnya aja menarik banget :3
Dan untungnya setelah ikut kuliah ternyata materinya mirip2 materi praktikum anat. Aku baru belajar dikit waktu itu untuk praktikum anat siangnya ahahaha. Dan yang ngelecture adalah ketua TKB blok ini sekaligus tutor tutorial kelompok 1 untuk week 1-3 yang super kece XD
Btw, di slidenya, beliau nyelipin video persalinan yang melibatkan entah itu laserasi perineum atau episiotomy. Aku nggak terlalu merhatiin karna tutup mata! Yang serem pastilah ketika mau memperbaiki lukanya. Nggak kuat aku nontonnya -..-

jam 10-12 praktikum PK 'hemostasis screening'
Praktikum ini kita kebagian sama asisten 2011 yang baru ngajar hari pertama! Di akhir praktikum masnya sampe minta maaf dan bilang kalau beliau sebenernya grogi banget. Maaf ya mas. Harusnya kita yang minta maaf karena masnya kebagian ngasistenin kita yang sulit diatur dan mager banget ini ._.
Tapi praktikumnya seru! Kita ketawa-ketawa! Ngakak banget ketika shodoq yang jadi probandus bleeding time nyampe ditusuk 2 kali karena dari tusukan yang pertama darah nyaris nggak keluar dan berhentinya cepet banget! Ahahaha! Shodoq emang nggak hoki kalau ditusuk-tusuk gini.
Katanya dulu pernah dia mau dicek darahnya. Ditusukan yang pertama darahnya nggak keluar. Ditusuk lagi yang kedua tetep nggak keluar. Setelah ditusuk lagi yang ketiga kalinya, terus dipencet, keluar darahnya tiga-tiganya! AHAHAHAHA! :p

jam 13-15 praktikum anat 'Clinically oriented anatomy of the pelvis'
Aku belum belajar banyak. Aku cuma belajar klinisnya. Yang struktur-struktur anat malah nggak aku pelajari. Block 1.4 dulu sebenernya pelvis udah ada. Tapi dulu juga nggak dong banget. Jadinya waktu pretest aku kesulitan! Dari 5 soal aku hanya yakin sama 2 jawabanku T_T
Terus waktu dibahas soalnya sama asisten memang aku cuma betul 2. Teruuuuuus, waktu mas asistennya keluar setelah ngoreksi pretest dan mau bacain siapa aja yang inhal, itu kertas pretest milik anak2 yang inhal yang dibawa masnya buanyak banget! Ada kali separo lebih yang inhal hari itu. Terus aku tanya,"Mas yang tertinggi nilainya berapa?"
Masnya: "Pretest yang tertinggi 100 ya. Yak ini aku bacain yang inhal. Mau dibacain nama atau NIM?"
Udah pasrah waktu itu. Orang aku cuma bener 2! -..-
Aturannya adalah, kalau nilai kurang dari 50% nilai tertinggi pretest sesi itu inhal.
Karena aku cuma bener 2 kan berarti nilaiku nggak nyampe 50 %.
Dan ternyata aku nggak dipanggil inhal! Ajaib banget! Ternyata, setelah aku cek bareng nika, aku nggak inhal karena soal terakhir aku nilainya 1/2, jadi aku bener 2,5 dan nilaiku 50! Beruntung banget. Untung tutorial tahun pertama dulu pernah bahas tentang hysterectomy T___T

Selasa:
jam 7-8 lecture
Waktu kuliah dosennya muter video-video tentang persalinan. Aww, judul kuliahnya aja pathofisiologi melahirkan. Persalinannya bukan persalinan pervaginam yang mulus lancar gitu. Aku belum tega ngeliat video partus yang melibatkan episiotomy! T___T
Apalagi yang habis diepisiotomy terus dimasukkin forceps!! Yang bikin tambah parah adalah si ibu yang melahirkan itu teriak-teriak. Beliau teriaknya entah karena memang kontraksinya yang sakit atau waktu diguntingnya yang sakit, atau waktu forcepnya dimasukkin yang sakit. Entahlah. Pokoknya kedengerannya menyakitkan banget! Pokoknya aku bersyukur banget deh karena menurut ibuku proses melahirkan aku termasuk mudah bagi ibuku :") :*

jam 8-10 tutorial
Tutorial sama tutor kita ini belum pernah sesuai jadwal. Entah mundur 10 menit, 20 menit, atau reschedule sekalian. Di pertemuan pertama di week 1 dulu, dokternya minta mundur jam 15. Aku widha bernita anna sama kristop sempet ke bioskop dulu sambil nunggu jam 15 :"
Untung begitu film selesai kita langsung ke ruang tutorial karena dokternya dateng nyaris 15 menit lebih awal! -..-
Tutorialnya ya biasalah. Tutorial pertama pasti wagunya! Ahahaha :p

jam 10-12 lecture
Dua lecture berturur-turut. Yang jam 10 lecturernya asik! XD
Yang jam 11 kita sama tutor kelompok 1 tentang perdarahan antepartum dan postpartum :D

jam 12-13 ada jadwal reschedule lecture dari week 1
Ini yang ngajar sama kayak lecture jam 10. Beliau asik sih. Jadi walau lecture pas jam istirahat dimaafkan hehe ;)

jam 13-15 harusnya skills lab tapi reschedule -..-


Rabu:
jam 8-10 lecture
Jam 8 lecture sama dokter anastesi materinya tentang shock. Shock bukan hal yang terlalu baru karena udah pernah ikut diklatsar TBMM :"
Dan dosennya juga ngulang bentar materi block 1.4 tentang cairan tubuh. Kuliahnya santai dan asik :D
Nah, waktu kuliah ini si widha beberapa kali ditengokin sama anak2 satu ruangan. Yang pertama ketika dia manggil2 bernita yang baru dateng karena telat padahal dosennya baru ngajar --"
Yang selanjutnya adalah ketika dia nerima telpon padahal dosennya baru ngajar!
Setelah aku tanya, ternyata yang telpon barusan adalah mas Hasta. Mas-mas PBL yang ngurusin mahasiswa tahun kedua. Ternyata mas Hasta ngabarin kalau tutor kita minta tutorialnya dimajuin jadi hari ini jam 15!
Buset! Padahal tutorial pertama kan barusan kemaren! Mana mungkin udah ada yang cari LO kan?? Aku kemaren cuma baru baca-baca doang belum ada yang udah aku tulis di buku catetan -..- ya udah pasrah aja aku mau diskusinya sambil buka buku aja :p
Selain itu aku udah terlanjur janjian tentir anat jam 15.30 e. Terpaksa diundur deh. Untungnya masnya baik banget setuju mundur jadi jam 17 T_T
Lecture yang jam 9 aku blas nggak konsen. Ngantuk. Apalagi yang tocolytic itu aku udah pernah nyari di week 1. Uterotonic masuk LO week 2 sih. Tapi aku keburu udah nggak konsen waktu itu -..-

jam 13-15 skills lab ABO blood grouping di PK
Ini yang super seru! Banyak drama di sesi ini! Nyahahahaha!
Sebelum mulai praktikum, si shodoq udah bilang duluan ke kita,"Ntar aku mau jadi probandusnya!"
Kirain dia kapok karena waktu PK sebelumnya dia ditusuk sampe 2 kali, hihihi.
Ternyata, si shodoq ini menyimpan kegalauan selama ini. Dia pernah dicek golongan darahnya dulu, dan hasilnya AB! Menurut shodoq ini aneh. Karena bapaknya goldar B ibunya O ..
Buat yang kenal shodoq mungkin bakal heran karena sebelum mulai praktikum dia mukanya serius banget dan belajar terus sambil diskusi bareng yang lain. Bahkan dia udah siap pake jaslab sambil bawa buku bahkan sebelum praktikum mulai! Biasanya kan shodoq telaaaaaat! Aahahaha!
Aku bernita sama nika ngetawain shodoq terus. Widha awalnya ikut ketawa tapi terus dia udah nggak ngetawain lagi. "Kasian. Ntar kalau golongan darahnya AB beneran gimana hayo!"
Iya juga sih. Tapi ini terlalu lucu untuk dilewatkan! :p
Sampe ketika mbak laborannya ngasih contoh prosedurnya gimana, si shodoq yang kayaknya udah keburu pengen tahu golongan darah dia apa langsung nawarin darahnya untuk diuji!
Fina,"Doq, apapun hasilnya pasti ada hikmah dibalik ini semua kok! *terus ngakak*"
Kata bernita sih si shodoq udah ikhlas kalaupun dia adalah 'shodoq yang tertukar'. "Fin, shodoq tadi bilang, 'kalau ketuker beneran, aku bersyukur karena sekarang aku jadi anaknya dokter'" wkwkwk!
Dan hasilnyaaaaaaa,
ternyata golongan darah shodoq O+!
Selamat ya shodoq. Ternyata kamu memang anaknya bapak ibumu :")
Shodoq yang sebelumnya mukanya galau, setelah hasilnya keluar langsung cengar-cengir bahagia banget! Nyahahaha! Dirimu kok lucu banget sih dooooq! XD

Terus kita kan nyoba satu-satu. Sebenernya udah ada darah yang di sediain buat dicoba. Tapi berhubung juga disediakan lancet jadinya kita pada pake darah temen pasangan. Aku pasangan sama nika. Nika sih anaknya pemberani jadi lancar. Aku awalnya agak takut karena kukira bakal perih. Ternyata enggak lho! Nggak kerasa kok ;)

Terus semuanya udah nyoba dan udah ditusuk kecuali nashir. Parah banget anak itu! Padahal waktu aku rada takut-takut dia ngejek aku! Taunya dia jauh lebih cupu daripada aku. Sampe akhirnya kita satu kelompok pada," Nashir cupu, nashir cupu, nashir cupuu!" dia tetep nggak mau!
"Shir beneran nggak sakit!"          "Iya gue tau. Gue cuma takut waktu dikasih alkohol bakal perih"
-_______-
Akhirnya setelah kita pojokkin dia, nashir mau juga. Nashir satu orang dirubung kita sekelompok.
Si nashir ini yakin banget kalau golongan darahnya B-
Dan ternyata hasilnya A+!!
Kita semua ngakak! Widha sampe bilang," Sok bule banget sih shir!" hahaha
Semua ketawa kecuali nashir..
Ternyata nashir nggak yakin kalau goldar orang tuanya ada hubungannya sama goldar A!
Dia langsung pucet!
Padahal waktu shodoq masih galau goldar, nashir termasuk yang paling heboh ngetawain shodoq! Sekarang giliran shodoq yang ngetawain dia -..-
Mana si nashir cerita, "Dulu temen gue juga ada yang dicek goldarnya begini, terus hasilnya beda dari orangtuanya. Terus dia kabur dari rumah."
Kita: "Alay banget sih shir!"         "Sinetron banget!"
Nashir: "Iya. Sinetron banget gitu. Tapi beneran. Terus taunya emang dia anak angkat sih. Sekarang udah nggak papa."
Dia cerita gitu kan aku jadi kepikiran, "Shir, kamu jangan ikut-ikutan kabur dari rumah lho! Coba sana tanya ayah ibumu golongan darahnya apa. *sambil ngakak*. O iya, pantesan! Kata dinar kamu sama adek-adekmu yang kembar itu nggak mirip ya?"
Nashir: ".. Iya nggak mirip" *sambil natap lantai dengan tatapan kosong bin galau*
Terus si nashir juga berulang-ulang bilang," gue yakin ortu gue ada yang A"
Fina: *muka serius* "Iya shir. Aku juga yakin kok ortumu ada yang A *ngakak lagi*"

Itu adalah praktikum di PK terlucu yang pernah aku ikuti!! Ahahaha! Shodoq sama nashir yang galau itu bisa dibilang langka! ;)
Tapi kalau dipikir-pikir aku jahat banget ya .___.

Dalam perjalanan kita menuju sarjito untuk tutorial, abahnya nashir bales smsnya dia. Kalau nggak salah, kata nashir, abahnya bilang: kalau nggak salah bapaknya AB ibunya B. Berita ini belum sepenuhnya bikin nashir nggak galau karena masih ada kata 'kayaknya'. Tapi terus ibunya bilang kalau nggak salah: bapaknya A ibunya B. Selamat ya shir. Untung belum jadi siap-siap kabur dari rumah :p

jam 15-17 tutorial di obgyn sarjito
Aku nggak tau nama spesifik dari tempat itu. Kalau nggak salah, kita tutorial di lantai 2 gedung bedah central. Kita ke sarjito lewat jembatan lantai 3 itu. Setelah ocep sama kristop tanya lokasi dokternya baru kita ke sana.
Setelah sampe aku langsung tanya,"Permisi bu, dokternya ada?"
Petugas: "Ada. Tapi baru @#$%^"
Fina: "Baru SC bu?!"
    kaget banget! Jangan sampe ini resched lagi -..-
Petugas: "Baru USG mbak :)"
Fina: "Oooooooh hehehe"
Terus kita dianterin ke ruang tunggu di dalem ruang. Bukan di ruang tunggu yang di luar. Kita duduk-duduk sambil bercanda. Padahal LO aku belum nyari lagi sejak baca-baca textbook secara superficial kemaren -___-
Terus dokternya lewat. Percaya deh, beliau pake jas yang bentuknya mirip jas lab anak inter warna kuning! Iya. Kuning banget!!
Kyaaaaa! Ternyata jas dokter obgyn warnanya kuning yaa? Duh jadi pengen jadi Sp.OG XD
*terus inget konsekuensinya terus batal kepengin ._.*
Waktu ngeliat kita, dokternya kayak kaget nggak nyangka kita ada di situ -..-
"O iya.. Kalian bersepuluh ya.. ... Cukup nggak ya..
-____-
Terus beliau masuk lagi ke dalem. Terus kita ngikutin.
Dokternya mempersilahkan kita masuk ke ruangan yang sebacaku namanya 'ruang istirahat staff'
ruangannya nggak terlalu luas. Ada meja kursi yang cukup buat 6 orang. Terus ada sofa juga. Jadi aku bernita anna widha nika ocep duduk di kursi. Alfi berdiri karena dia scriber. Shodoq kristop nashir duduk di sofa. Dokternya ambil satu kursi lagi terus duduk di situ.
Waktu tutorial, alfi nulis di papan tulisnya salah. Terus dia bilang ke dokternya,"Dok, penghapusnya di mana ya?"
Dokternya: *sambil nengok2 nyari penghapus juga* " Di mana ya.. "
Alfi: "Kalau nggak saya hapusnya pakai ini saja dok *nunjuk kertas*"
Dokternya: "Nggak usah. Saya carikan saja. Sebentar ya.. "
Uwoooooo, belum pernah aku tutorial sama tutor yang mau nyariin penghapus papan tulis selama ini! Padahal selama ini kalau tutorial di FK, kalau beliau belum dateng, kan aku sukanya nanyain ke PBL dosennya mana, mas Hasta pasti jawabnya, "Kelompok 1 to? Pasti dateng kan TKB. Kalau belum dateng ya ditunggu aja. Kan beliau TKBnya."
Seolah-olah kalau TKB boleh seenaknya. Taunya dokternya baik banget :"

Tutorialnya untuk ukuran yang mendadak dan nyari LOnya barusan lumayanlah. Cuma, jelas ada beberapa bagian yang wagu! Hahaha, tapi lancar kok! ;)
Ketika tutorial dokternya pegang hp sambil ketawa2! Si fina mulai suudzon -____-
Di akhir tutorial seperti biasa kita minta feedback. Terus dosennya nerangin ke kita lagi beberapa yang masih wagu tadi.
Ternyataaaaaaaa, hal-hal yang masih wagu selama diskusi itu oleh beliau dicatet di HP beliau supaya beliau inget apa aja yang beliau akan sampein di akhir tutorial!
Jadi kemungkinan beliau ketawa itu karena yang kita bahas terlalu spekulatif dan itu kelewat wagu! Hehe ;)
Makanya jangan suka suudzon deh fin! -___-
Tutorial sama beliau enak kalau menurutku. Di akhir sesi selalu ada kuliah singkatnya. Yang kali itu, kuliah singkatnya ada kali 20 menit. Jadi kitanya juga cetha sama materinya dan nggak belok kemana2 LOnya. Asik kan? XD
Cuma yang nggak kuat emang reschedulenya itu ._.

jam 17.30-20.15an tentir anatomi
tentirnya telat. Kita tutorialnya aja selesai jam 17 kurang dikit. Mlipir dulu ke kamar bayi. Masih pake mampir beli makanan karna kita pada kelaparan. Belum lagi solat ashar super telat karna tadi belum sempet. Untung masnya baik banget nunggu kita T___T
Walau aku beli makanan, tapi aku nggak sempet makan. Hasilnya aku sampe ngglier dan kakiku sampe kesemutan -..-
Begitu selesai. Langsung pulang. Mandi, makan, langsung naik kasur. Teler. Udah nggak kuat. Capek seharian banyak kegiatan -..-

Kamis:
jam 8-9 lecture
menurutku kuliahnya asik karena dosennya pinter, kuliahnya padat. Tapi kata temen2 mereka nggak ngerti karena dosennya ngomongnya cepet banget ._.

jam 10-12 praktikum farmako
tentang obat uterotonik. Praktikumnya failed banget! Semua kelompok nggak ada yang rahim tikusnya berhasil kontraksi! Akhirnya kita dikasih hasil group lain terus disuruh baca. Udah untuk laporan pake hasilnya itu aja kata dosennya ;)

jam 13-15 skillslab lactation & puerperium
Skillslab ini asik karena melibatkan manekin2 yang menarik. Ada manekin bayi sama payudara. Sebenernya bayinya cuma satu, tapi dokternya minta ambilin satu lagi. Dokternya tau aja kita pada suka dedek bayi XD
Kristop hebat banget lho! Bahkan sebelum dicontohin cara gendong bayi yang bener, dia udah duluan bisa gendong bayi yang bener! Tau kan bedanya 'orang yang tau teorinya' sama 'orang yang paham prakteknya', nah si kristop ini keliatan paham banget. Sampe dosennya curiga jangan2 kristop pernah punya bayi! Ahahaha! Terus selama diterangin teorinya sama dokternya, si ocep yang ngantuk duduk ketiduran sambil meluk manekin bayinya! Hahaha, lucu banget sih si ocep ;)
Terus ada juga manekin payudara. Buat apa? Itu buat latian mompa ASI. Manekinnya  gedhe banget!
Kata dosennya sih ukurannya gedhe karena ini manekin bikinan jerman, kalau nggak salah. Di sana ukurannya ya sekitar segitu -____-
sayang aku belum punya fotonya jadi belum bisa upload :p
Terus kita satu-satu nyoba mompa. Kalau ngeliat doang sih geli. Tapi waktu nyoba, ya emang keluarnya nggak lancar jadi emang harus dipencet sekuat tenaga begitu -_____-
Terus di akhir sesi kita foto2! Ahahaha! ;)

bernita & widha 
fina gendong dedek bayi njuk kepengin punya satu yang beneran di rumah :")

jam 15-17 lecture agama
tentang thaharah. Blok ini dijadwalin lecture agama PLUS praktek! Kalau kata temenku udah kayak anak SD aja -..-
Tapi ternyata maksud dari lecture2 agama dan praktek di blok ini tu lebih ke gimana kita bantuin orang bersuci dan sholat kalau mereka nggak mampu, misal karena sakit. Kayaknya sih gitu. Hehe.

Jumat:
jam 13-17
alay nih yang nulis jadwal. Tentamen tahun kedua tu nggak nyampe sejam udah selesai kok.
Dan karena tutorial udah dilakuin rabu, jadi hari jumat bener2 cuma tentamen jadwalnya kelompok 1 XD
Aku ngale banget kamisnya! Pancen nyenthe banget kok aku :B
Belajar baru jumat pagi ahahaha ;)
Mas asisten yang nentir baik banget! Walau yang bikin soal bukan asisten, tapi banyak banget yang masnya ajarin keluar. Jadi terharu :")
Terus kita pada setuju besok kalau ada anatomi lagi kita mau tentir sama masnya lagi :")

Itu deh week 2 ku yang panjang.
Sebenernya week 2 nya nggak berakhir di tentamen doang karena aku juga ikut water rescuenya TBMM yang kece banget dan seru banget! Ahahaha! ;)

Wednesday, 28 August 2013

friendship :")

Pekerjaan PPSMB sementara udah beres. Udah mabok rundown dan spot-spot. Mata udah sakit banget terutama yang kanan karena palpebranya bengkak. Ipad juga entah kenapa koneksinya jadi macet. Dan pikiran udah mulai nggak tenang karena bentar lagi masuk padahal hari pertama kuliah siangnya langsung praktikum anat, tapi belum dipelajari materinya -..-
Untuk itu aku memutuskan main ke blogku! Hahaha!

Liburan kali ini rasanya super singkat!
Biasanya kalau libur panjang kayak gini rasanya pengen cepetan masuk. Tapi di liburan kali ini rasanya libur sebulan bener-bener kurang!!
Bisa jadi karena aku berpartisipasi di kepanitiaan PPSMB dan disaster villagenya TBMM. Atau mungkin karena diliburan ini aku ketemu sama temen-temen superku: memey, shafira, dan juang.
Uuuuuuu, sebenernya setaun kuliah kemaren rasanya biasa aja hampir nggak ketemu mereka sama sekali. Tapi justru setelah ketemu dan main bareng malah pengen main terus terusan!
Sayangnya karena urusan di FK juga rame jadi kita nggak bisa sering-sering main :(
Makanya aku bilang liburnya terasa singkat. Kurang! -..-

Memang paling asik ngobrolin cita-cita tu sama temen deket yaa. Nyambung bangeeeeet :"
Selain itu juga nyenengin ngobrol bareng temen yang kuliahnya di beda-beda tempat. Topiknya jadi luaaas. Bosen juga kalau obrolannya seputar FK terus. Ya sebenernya kita juga ngobrolin FK sih, tapi dari sisi yang berbeda dibanding kalau aku ngobrol tentang FK sama temen kuliah, hehe.

Juang sama memey tadinya nggak mau ikut ngobrol obrolanku bareng shafira. Tapi terus akhirnya mereka malah nanya-nanya dengan muka serius pengen ikut nyimak! Hahaha! Emang obrolanku sama shafira tu kesannya masih jauh. Tapi penting ;)

Hehe, semoga tercapai cita-cita kita berempat yaa. Semoga jadi apapun kita nanti tetep terus temenan sampai tua sampai anak cucu kita juga. Dan semoga jadwal semester 3 cukup selo walau mulai semester depan perbloknya jadi cuma 6 minggu sehingga semoga kita bisa main bareng lagi segera :")

Saturday, 10 August 2013

Sedang mencoba

Ini lagi percobaan nulis blog lewat ipad..
Hmm.. Secara tampilan tetep lebih enak kalau buka lewat safari atau pake komputer sekalian malah.
Oiya selamat lebaran semua! 🎉
Semoga ibadah kita diterima dan dosa kita diampuni.
Aamiin ✨

Ini foto keluarga dari pihak ibu wkt lebaran. Ditempat bapak nggak foto2 haha

Monday, 5 August 2013

誕生日

yuhuuu udah lama nggak buka blog!
sejak laptop merah tercinta rusak, segala kegiatan yang biasanya melibatkan laptop memang jadi tersendat semua. termasuk belajar :p

sekarang lagi libur nih. akhirnya ;)
OSCE tanggal 30juli nantonaku akhirnya selesai juga hahaha
lain kali deh nulis pengalaman OSCE pertamaku yang bersejarah itu :"

mau nulis tentang ulang tahunku tahun ini aja
aku sekarang udah 20 tahun! kalau kata orang jepang, udah 20 tu sudah dewasa artinyaa

jadi jadi,
kan aku ikut kepanitiaan PPSMB
kebetulan aku daftarnya di divisi yang ternyata sering ngadain rapat!

OSCE KBK 1 kan diadain tgl 24juli-2agustus,
kebetulan 2 diantara kita ujiannya tgl 25, satu anak tgl 29juli, dan aku sendiri ujian tgl 30juli
jadi diputuskan tgl 25juli kita rapat.
rapat koordinasi sama perkap dan SC
rapatnya sore!
karena ibu udah masak,
sebenernya aku mau cepet2 pulang.
begitu koordinasi untuk hari pertama selesai, jan e aku mau langsung pamit, tapi carol bilang,"kata mas zul habis ini selesai kita mau rapat internal duluuu"
aaa tidaaak. padahal udah mau adzan maghriiiiib.
dan sebenernya hari itu mas nino pulang. tgl 25 pulang tgl 27 pagi udah balik lagi. jadi aku sebenernya nggak pengen kemana-mana hari ituuu.

ya udah, nungguin koordinasi untuk hari kedua selesai.
daaaan,
setelah selesai,
setelah mas ade udah pamit pulang,
mbak fara sama carol yang tadi bilangnya mau ke wc terus muncul bawa sekerdus donat dan cupcake yang ditancepin lilin nyala diatasnya!
terus kita nyanyi happy birthday terus tiup lilin
aawww, so sweet! hahahaha!

 donatnya habis itu dibagi-bagi, kata mbak fara donatnya ada 20, sesuai angka umurku
 ini donat bagianku sama cupcakenya :D

 tau aja aku suka warna meraaaah makasih yaaa :*

wah,
seneng dong aku! ;)
secara bisa dibilang kalau kita ini barusan kenal.
baru kenal sejak divisi kita perkenalan!
haha, makasih ya mas zul, mbak fara, carol, faridah, laily, dan adiel :*

terus karena udah semakin mepet maghrib,
kita terus pada pulang,
aku ngebut pulangnya
ketika aku masih dipertengahan jalan menuju rumah ternyata udah keburu adzan T____T

dan ternyata,
ibuku udah masakin aku nasi kuning dan spaghetti
hihihi, nggak nyambung! i know.
jadi nasi kuning adalah semacam makanan yang hampir selalu dimasak ibu kalau lagi ada yang ulang tahun.
kalau spaghetti.. itu karena udah beberapa hari ini aku 'ngerengek' minta dimasakin spaghetti
aku, "buuu.. sphagettinya kapan dimasak?"   "hari ini? atau besok? besoknya lagi?"
hihihi,
makasih ya bu akhirnya spaghettinya dimasakin juga :*
terus mas nino juga beliin oleh-oleh dan gantungan chopper unyu banget. hehe, makasih ya mas :*

padahal yang makan cuma bapak ibu mas nino rehan fina tapi makanannya berlimpaaah

teruuuuus,
tutorial 18 kan punya semacam tradisi: kalau ada yang ulang tahun kita main bareng.
jadi kita-kita yang ulang tahun bulan juli udah ngerencanain main :9
aku, amri, dinar, + ahmat karena dia ulang tahunnya tgl 4 agustus

kita buka bersama di HW,
terus ada yang usul karaokean.
memang 18 kalau main nggak pake karaokean tu kurang lengkap! wkwk ;)
sayangnya hari itu ucan nggak bisa ikut karena papanya pulang :(
seru banget! aku nyampe rumah jam 23 kuraaaang. itu sampe ditelponin ibu. soalnya aku pamitnya mau main sampe jam 21.30an hahaha ._.
BLAYS! karena 18 isinya jablay-jablaaay
baik yang congenital, acquired, maupun yang masih laten wkwk :p

uuuuu berhubung foto-foto dari ipad aku belum tau cara mindahinnya *ndeso yo ben :p*
jadi foto lain nggak kuupload sekarang blays! ;)
i love you all, 18 :*

Sunday, 16 June 2013

S H E R L O C K


sejak hari kamis aku suka banget sama serial sherlock!
itu serial tv BBC One, dikasih sama hasna tercinta haha
dari judulnya langsung tau lah ya kalau itu cerita tentang sherlock holmesnya sir arthur conan doyle :3
awalnya aku cuma mau doctor who, tapi dibonusin ini sama hasna dan justru doctor whonya belum tak tonton sama sekali! haha ;)
kalau lagi nggak nonton aku buka-buka wikipedia baca-baca info tentang sherlock holmes dkk dan ngunjungi blognya dr. watson di sini dan webnya sherlock holmes di sini :3

pertama kali tau tentang sherlock holmes kalau nggak salah dari komiknya aoyama gosho, meitantei conan.
dulu juga pernah baca novelnya.
dulu. banget. kalau nggak waktu kelas 6 SD ya waktu SMP.
soalnya kakakku koleksi novel-novel detektif.
cuma waktu itu aku masih keciiiil.
nggak ngerti sama yang aku baca! haha
dulu aku lebih suka sama poirot, bukan sherlock holmes.
sherlock holmes pertama yang aku baca adalah a study in scarlet. rada nggak dong gitu tapi tetep nekat baca the valley of fear.
kayaknya gara-gara the valley of fear itu aku jadi berhenti baca sherlock holmes deh, haha! :p

terus waktu dibuat filmnya, aku nonton.
seru!
terus ada sekuelnya. aku nonton bareng shafira, rais, sama siapa lagi aku lupa :p

nah, berhubung laptopku nggak pulang-pulang sejak diservis beberapa minggu lalu, aku kalau nonton apapun jadi di komputer,
padahal komputernya ada di ruang belajar. jadi kalau aku nonton apapun rehan bakal keganggu.
rehan keganggu tu artinya rehan jadi tertarik ikut-ikutan nonton terus jadinya malah nggak belajar .__.
terus dia komentar,"kok sherlock holmesnya kayak gitu e? nggak keren. kerenan robert downey, jr"     "lho? ini ceritanya udah modern to??"
kalau menurutku sih sherlock di serial tv lebih keliatan freak dibanding yang di film. makanya lebih seru! ;)
sherlock kan super pinter. dan menurut dia orang lain (kebanyakan) nggak pinter, dia suka heran sama orang lain
SH: "look at you lot. you're all so vacant. is it nice not being me? it must be so relaxing."
terus dia juga sukanya ngebully lestrade.
SH: "shut up!"
GL: "i didn't say anything."
SH: "you were thingking. it's annoying"
hahaha :B

kemaren aku nonton sampe jam 2 pagi. sebenernya udah ngantuuuk. banget! tapi the hound of the baskervilles tu mirip-mirip horor e! aku paling nggak bisa nonton horor. nggak mungkin aku tidur dalam kondisi nggantung gitu. serem! T___T
sherlock kan sejauh ini baru tayang 2 seasons. tiap season 3 episode. aku udah nonton 5, tinggal 1. mau nonton rada eman-eman e X3

aku sekarang bukannya sedang super ale juga.
sebenernya ada laporan clinical attachment sama bikin critical appraisal buat praktikum CE BU.
laporannya sih udah tinggal edit dan tambah-tambah dikit biar pas 3 halaman. yang CE BU tu lho!
blas belum kukerjain.
rencananya mau kukerjain hari ini tapi sampe barusan aku cek belum di approve coba!
padahal aku yakin jurnal yang aku pilih salah.. masalahnya waktu itu buru-buru ngumpulin karena dibawah tekanan selak mau istirahat :p
ya udah lah yaa.. selesaiin sherlock laporannya dulu! ;)


update: ya aku udah upload laporan. terus aku nonton sherlock.. SEASON 3 MANA SEASON TIGAAA??
update: oke, sampe jam 22.50 jurnalnya belum dicek -______-

Wednesday, 12 June 2013

pasti (?)


"manusia boleh berencana Allah yang menentukan"

pernah dengerkan sesuatu yang mirip kayak gitu? akhir-akhir ini aku ngerasain hal tersebut -_____-
beberapa kali aku mikirin suatu rencana.
sebenernya aku tau bahwa rencana itu imaginatif banget. hampir nggak mungkin! atau paling nggak, itu tu based on speculation banget dan sangat amat gambling.
dan guess what? justru rencana-rencana tersebut bener-bener terjadi!
nggak 100% seperti yang aku pikirkan sih.. tapi tetep aja jadi serem sendiri karena benar-benar terjadi!
dan itu terjadi beberapa kali pada subjek yang sama..
sampai aku mikir, "takdir tu.. hal-hal yang seperti bukan sih?"
masalahnya rencana yang aku pikirkan nggak hanya melibatkan aku aja. melibatkan orang-orang yang bahkan aku nggak kenal! -____-

tapi justru,
hal yang aku yakin akan terjadi, karena udah sesuai perhitungan, justru nggak kejadian! ilang! aku sampe heran bangeeet!
kenapa justru yang aku harapkan terjadi ini (karena yakin akan terjadi) malah nggak kejadian! T_____T

memang sih,
dulu pernah kita skills lab sama seorang Sp.KJ,
beliau bilang,"jangan dibiasakan bilang 'pasti'!"
apalagi kalau bicara tentang kesembuhan. karena kita tau dokter itu bukan penyembuh. kesembuhan hanya milik Allah SWT kita berikhtiar aja ;)

intinya, kita memang nggak bisa sombong menentukan bahwa 'nanti pasti bakal gini'  'pasti besok akan gitu' dsb.
santai aja sih nggak usah pake pasti pastian hahaha! ;)




cerita kelompok tutorial 18 hari ini:
jam 15.00 tadi kita TFSS eye examination sama asisten mahasiswa, sebut saja mas AM.
o iya, apa sih TFSS?
TFSS singkatan dari training from senior student (kalau kata astri sih: training for stupid student)
yaitu semacam tentir skills lab dari kakak angkatan untuk mempersiapkan OSCE.
apa pula itu OSCE??
OSCE: objective structured clinical examination
gampangnya, OSCE tu ujiannya skills lab hahaha! :p

tadi kan sama mas AM kita disuruh absen di kertas sobekan gitu, disuruh nulis nama lengkap dan nama panggilan. cuma buat catetan masnya aja sebenernya supaya mas AM kalau mau manggil kita gampang.
yang ngisi pertama, dari yang paling deket dari mas AM adalah dinar.
di kertas itu, selain dia nulis nama lengkap dan nama panggilan, di samping nama panggilan, dinar tanda tangan!
mas AM: "ngapain tanda tangan?"
dinar: "tadinya malah mau aku tulis no hp ku lho mas!"

buset jablay banget, diiiiiin!
sebagai guru besar ilmu perjablayan sekolah jablay 'tutorial 18' ucan dan carol (kalau dia dateng) pasti bangga banget din sama kamu!
sejablay-jablaynya aku, aku nggak akan njablayin orang yang barusan kenal -_____-
hahaha! :p

Monday, 3 June 2013

blok 1.6 :)

wah wah,
hari ini adalah hari pertama blok 1.6

wah wah,
kalau liat jadwal sih blok 1.6 buanyaak lecturenya
spekulasiku dari mbaca judulnya sih sebenernya materinya nggak seberat blok blok lalu
dan yang super menyenangkan aku belum mendeteksi hal-hal yang berkaitan dengan biokimia haha :9

hari ini aja kelompok 18 jadwalnya: lecture jam 7-9, kosong satu jam, terus jam 10-12 tutorial, istirahat sampe jam 13, terus lecture lagi jam 13-15 terakhir TFSS jam 15-17
full lecture!
haha tapi aku tadi nggak dateng overview jadi aku baru dateng jam 8an :p

blok 1.6 kan judulnya basic medical practice,
terus terus,
kita dijadwalin ketemu dokter keluarga gitu
terus mengunjungi puskesmas
dan dipercaya untuk 'home visit' salah satu pasien! XD
kyaaaa seruuuu!
yang nggak seru memang njuk jadi harus bikin laporan sih,
tapi ya udah lah yaa :p

berhubung aku nggak ikut overview jadi aku kurang tahu (:p)
tapi, skills lab blok 1.6 tu judulnya sama: simple integrated patient management
kemaren jumat aku carol fajar niko ngobrolin ini dan kalau nggak salah niko bilang ntar skills labnya sama pasien simulasi :3
wah! itu asyiiiiik bangeeet! XD
di blok 1.5 kita satu sesi skills lab bareng pasien simulasi
yang kebagian giliran waktu itu carol amri fina :3

sensasinya menghadapi pasien (walau pasiennya juga pasien simulasi sih) tu beda!
apalagi pasien simulasi kami waktu itu udah bapak-bapak.. beda sensasinya kalau pasiennya keliatan masih muda apalagi seumuran.. grogi banget!
sampe aku lupa nglakuin pemeriksaan yang pake senter itu padahal untuk pemeriksaan itu aku udah nyobain senternya dulu dan tanya-tanya ke dr. ema dulu
malah pas simulasi justru pemeriksaan itu aku lupa! T___T

pas diklatsar dulu juga pertama kali ketemu korban simulasi aku grogi banget!
rasanya kayak fasciculus-fasciculusku di CNS gagal menyampaikan info-info dari area-area di otakku!
masih untung fasciculus arcuatusku nggak tersendat jadi omonganku masih bener! :p

hahaha,
mau jadi dokter memang nggak bisa kalau hanya belajar dari lecture, textbook, jurnal, praktikum, dll. skills lab juga menurutku kalau nggak pernah ketemu pasien simulasi juga masih nggak oke!
jadi memang harus dibiasakan ketemu pasien :3
aaaaa jadi nggak sabar masuk week 2 hahaha ;)

Thursday, 30 May 2013

akhirnya selesai blok 1.5!!

hari ini tadi jam 11.30an selesai ujian blok.. dengan nilai pas-pasan -____-
kalau udah gini tinggal berdoa semoga nilai tertingginya nggak tinggi-tinggi amat :p


seperti yang udah diduga, blok 1.5 hectic banget!
tapi TDFK, arteries, sama diklatsarnya seru :3
karena aku belum daftar BSO apapun, dan sebelum ini aku belum pernah ikut kepanitiaan di FK,
jadi terasa banget manfaat ketiga event yang tak ikuti :3
aku jadi tambah baaaaanyak kenalan.
hihihi, aku jadi tau kalau ternyata nggak semua anak-anak lecture 1 begitu semua :p
dan seru banget nemu temen dan kakak angkatan yang bisa diajak ngobrol pake bahasa jawa!
selama ini di FK aku ngobrol pake bahasa jawa paling cuma sama ucan, astri, satya, inat, dan temen2 SMA lain yang ada di FK.. pada jarang ngomong pake bahasa jawa sih :B
dengan segala kegiatan itu dan kuliah blok 1.5 capek sih, tapi seneng ;)
dulu waktu aku dinar ngajak achar ikut diklatsar dia nggak mau. katanya: "nggak mau ah. nanti aku bisa-bisa meninggal!"
-____- berlebihaaaan!
meninggal sih enggak, kalau setengah mati sih iyaa :p

teruuuuus,
aku mau nulis tentang kejadian belum lama ini: tentir histo!
karna ada perubahan sistem entah apa aku juga nggak tau, pokoknya sekarang tentir histo nggak diatur lagi kayak dulu. makanya kita harus cepet-cepetan minta tentir sama asisten yang enak ngajarnya. setelah praktikum fisiologi visual acuity ucan langsung woro-woro,"langsung bilang ke mas AH2 kita mau tentir sama dia!"
begitu keluar dari lift kita langsung menuju papan pengumuman angkatan terus langsung telpon mas AH2
fina: "maaaass, aku fina kelompok 18. kita tentir sama kamu yaa?"

terus kita setuju mau tentir senin jam 1.
hari minggu malem justi sms kalau kelompok dia nggak kebagian asisten terus mau gabung.
tentir ber20 kebanyakaaaan. masalahnya kelompok 18 cuma tentir ber10 aja  rusuh banget -____-
skip skip skip.
akhirnya pas hari H yang ikut tentir dari kelompok mereka hanya 3 orang :3

tentirnya telat. mas AH2 bilang dia mau telat 15-30menitan. akhirnya dia baru dateng jam 13.40an apa ya -___-
terus mulai tentir di RP di deket kolam.

kita dulu udah pernah praktikum sama mas AH2, jadi memang udah kenal.
nah, kesalahannya adalah: karna udah kenal akhirnya tentirnya jadi makin rusuh! hahaha
padahal jam 15 mas AH2 juga udah ada janji nentir kelompok 7 tapi akhirnya kita baru selesai jam 16 lewaaat ._.

tentirnya seru! ;)
walau beberapa kali kakiku ketendang mas AH2
"tak kirain meja atau kursi e"
-_______-

tentirnya pake ngobrol.
karena waktu lecture praktikum fisiologi visual acuity aku nemu blockbook 3.6 di meja dosen, terus aku (dudukku paling depan) bukannya dengerin lecture malah ngambil buku itu diem-diem terus baca-baca blockbooknya!
wuih seru! seminggu sekali anak-anak blok 3.6 skillslabnya di puskesmas! ngiri!
terus aku tanya-tanya gitu ke mas AH2 tentang itu :3
hal menarik lain yang aku temukan dari blockbook itu adalah: ternyata tiap jumat pagi mahasiswa 3.6 tu dijadwalin olahraga pagi!
unyu banget nggak sih??
siapa bilang mahasiswa pendidikan dokter nggak ada pelajaran olahraganya!
nggak disebutin sih itu olahraganya apa, tapi spekulasiku sama dinar olahraganya senam! ;)

ternyata kata mas AH2 memang senam! hahahahaha!
"senamnya mengumbar nafsu! instrukturnya ngasih instruksi megal-megol!"
wahahahahaha!
kita: "besok jumat pagi berangkat ke FK yuuuk! nonton kakak angkatan pada senam! hahahaha!"
"mas mas, senamnya jam berapa e? kita mau nonton! hahaha"
mas AH2: " -___- .. jam 9!"
kita: "waaaa, bohong! nggak mungkin! berarti jam 8! hahahaha!"
;)


nah, mas AH2 ini ceritanya beliau adalah asisten sibuk. hari itu aja dia ada janji nentir sampe malem!
untuk itu, dia merasa bahwa dia perlu suplemen.
waktu nentir, dia minum minuman suplemen itu.
saking alaynya minuman suplemennya itu aku yang duduk persis di depan mas AH2 sampe pura-pura nggak liat!
taaapiiii, rupanya ada yang nggak bisa baca situasi!
"minum apaan tuh mas??"
hahaha!

demi nama baik seluruh pihak yang terlibat, aku nggak nyebut merk ya :p
intinya minuman itu menurut kami alay!
terus kita pada ketawa! :p

tapi mas AH2 adalah mahasiswa tahun ketiga.
dia nggak mungkin diem aja diketawain mahasiswa-mahasiswa tahun pertawa keras banget di tengah-tengah RP!
terus mas AH2 menjelaskan ke kita korelasi klinisnya kenapa dia minum minuman alay itu!
"ini kan ada kafeinnya. dan yang tak incer dari ini kan taurinenya.. "
terus dia njelasin tentang makanan alay (kalau mau nyari makanan alay itu di bursa juga jual kok :p) yang ternyata bersifat neurotoxic apa gimanaaa gitu dan minuman alay itu kata masnya bisa mengurangi efek dari makanan alay neurotoxic itu. jadi, sebaiknya kalau mau makan makanan alay itu dibarengi minum minuman alay ini dsb dsb.
maaf ya aku nggak seberapa merhatiin karna kebanyakan ngetawain mas AH2! :p
intinya akhir-akhir ini dia capek, banyak kegiatan, tidurnya malem terus, jadi butuh suplemen!
mmmm.. ya udah percaya aja lah ya :p


cerita di atas udah melewati tahap filtrasi yang cukup ketat sehingga yangditulis udah dipotong di sana sini supaya nggak ada pihak yang merasa terlalu dirugikan :p

itu aja sih yang mau aku tulis tentang histo.
oiya, di blok 1.5 ini kita ada idola baru :3
sebut saja dia mas AA3.

dulu praktikum sama mas AA3 di blok 1.3
blok 1.4 kita review sama dia.
karena njuk nilai tentamen 1.4 pada bagus-bagus, terus kita mau tentir sama mas AA3!
dia unyu banget mukanya pipi semua :3
dan baaaiiiiiik banget!
masa dia nentir kita dari jam 12.30-14.55, padahal jam 15.00 dia ada responsi! itu aja akhirnya tentirnya selesai setelah kita 'ngusir' masnya.
"mas udah hampir jam 15 lho nanti telat!"
"yaya.. bentar ini udah mau selesai kok"
sebenernya yang butuh tu siapa
kita sampe terharu T___T
dan bahkan masnya nentir tu penuh persiapan!
sebelum nentir mas AA3 motoin preparat dari kolam anat, bawa preparat otak yang keras itu, dan sangu gabus yang ternyata adalah pengganti untuk nerangin posisi semicircular duct lengkap dengan jarum pentulnya!!
niaaaat bangeeeet T___T
fina: "lho emangnya boleh ya mas pinjem preparat dari lab anat?"
mas AA3: "ya soalnya tadi labnya baru sepi.."
hahahaha, kriminal ternyata! :p
kita janjiannya jam 12.30 tapi akhirnya pada telat jadi mulainya mendekati jam 13. itu mas AA3 datengnya lebih dulu dibanding sebagian besar dari kita! T____T
sebelumnya kita nggak tau kalau mas AA3 ada responsi. di tengah baru masnya bilang kalau jam 15 dia ada responsi.
wah, itu kalau aku yang jadi asisten jelas bakal kutolak!
memang kalau mau jadi asisten itu harus baik hati ya T___T

tapi sialnya aku inhal tentamen!
T_T
serasa durhaka sama pipinya mas AA3 T______T
baru kali ini aku tentamen banyak nomer nggak aku kerjain!
ya ampun cupu banget!
masa aku ngeliat meninges aja harus jongkok-jongkok dulu coba nyari bagian mana yang ditusuk jarum pentulnya! T____T
kacaulah pokoke!

sebenernya inhalnya besok. tapi aku sama astri udah susah belajar lagi!
habis CBT gitu lhooo -..-
daritadi kita cuma klinteran di FK sambil meganing ipad berharap dapet koneksi wifi terus main game :3

yaa paling nanti aku baca-baca lagi. terus kalau niat nonton dr.jun juga. dan kalau masih kuat sebelum tidur ndengerin rekaman tentir mas AA3 ;)
mohon doanya
hahaha :p

Thursday, 11 April 2013

kangen om sho

blok 1.4 baru aja selesai hari ini.
siapa. yang bilang. blok 1.4 gampang?? siapaaaaaaa!!!?? -_______-
merasa ditipu aku -..-`
aku CBTnya grogi banget apalagi setelah ngitung benderanya T__T
kayaknya 100 menit untuk 100 soal kurang deh waktunya.
padahal dulu waktu SMA kalau ujian biologi serasa sia-sia waktu yang disedian karna biologi tu apalan.
seperti sebelum sebelumnya, sampe 3 detik sebelum waktu habis aku masih berusaha ngganti jawabanku -..-
deg deg an banget waktu nilainya keluar. selesai ujian aku sampe nggliyer dan tanganku sampe gemeter!
beneran -____-

yang selalu kurasakan setelah blok selesai adalah lega!
leeeegaaaaaa banget rasanya sampe nonton doramapun nggak merasa bersalah sama sekali! ;)

tapiiii, selalu, beberapa hari setelah ujian blok, ketika blok baru mulai, mau nggak mau berusaha untuk menghadapi kenyataan.
jadi ternyata inilah yang dimaksud dr. Gandes bahwa mahasiswa kedokteran tu akan banyak menghadapi ujian -_______-

masalahnya aku tu cupu banget!
sampe blok 1.4, di hari tentamen aku selalu diare! diare psikogenik. karena setelah selesai ujian diarenya berhenti -..-
kapan ya aku pada akhirnya bisa terbiasa ngadepin ujian ._.

dinar: "aaaaaaa sedih nih blok 1.4 udah selesaiii"
fina achar: "din, kayaknya kamu enggak sedih karena blok 1.4 udah selesai deh. tapi karena blok 1.5 akan segera mulai"

hahaha,
blok 1.5 itu blok nerve, sense & endocrine system
tiga sistem sekaligus dalam waktu 7 minggu!
-..-

menurut kakak angkatan sih blok 1.5 susah.
kalau menurutku, cuma dari judulnya aja sih udah ketauan kalau susah.
kata ucan malah dia dikasih tau kakak angkatan kalau blok 1.5 itu blok yang bikin kurus!
(kalau aku sih mengamini kurusnya aja :p)

sampe aku dinar achar kalau ngomongin main tu sama sekali nggak melibatkan blok 1.5!
"besok blok 1.6 main ke sana yuuuk"   "jumat sabtu minggu gitu kita nginep kemana yuk pas blok 1.6"   "kita karaokean lagi yuk besok blok 1.6"
(padahal kita pada dasarnya relatif jarang main)
-______-

aku, di blok 1.5 ini malah menantang "maut".

aku daftar opreq ARTERIES. arteries itu acaranya AMSA: lomba debat bahasa inggris untuk anak SMA yang diadain tanggal 18-19mei..
aku daftarnya LO. dan diterima. jadi koor malah -..-
jadi raguuuu. aku kan bukan anak AMSAaaa. tapi nggak papa deh. kita sama sama baru pertama kali soalnya ;)
si achar heran banget kenapa aku mau daftar jadi panitia.
mmmmm.. waktu itu soalnya aku bener-bener nggak ada kerjaan.
selesai kuliah langsung pulang. di rumah paling ngenet atau nonton dorama. kalau ada PR dikerjain. kalau besoknya praktikum ya belajar. kalau besoknya skills lab ya bikin workplan.
udah. gitu doang.
sebenernya nggak masalah sih. malah sela.
tapi temen-temenku anak BSO semuaaa.
satu-satunya BSO yang aku inginkan belum buka pendaftaraaaaan -..-
aku yang tanpa BSO ini jadi ngerasa ada yang nggak beres sama diriku.
makanya pas kebetulan banget disaat dibutuhkan ada yang buka opreq ;)

terus, waktu lecture urinalysis kalau nggak salah, ada opreq fasil TDFK. aku daftar! XD
gamamed itu sebenernya aku udah kepengin ikut sejak dulu.
cuma akunya kuper jadi nggak tau kalau ada opreq panitia sebelumnya ._.
agit yang wawancara aku bilang kalau pengumuman opreq ditempel di samping bursa!
agit: "kamu nggak pernah solat di ibsin yaaaaa"
-_______-
fasil TDFK itu kalau nggak salah inget yang daftar 200an yang diterima cuma 40 -..-
kemarin aku di sms agit kalau aku diterima.
seneng!
tapi sejauh ini aku belum tau orang lain yang aku kenal juga ikut TDFK ._.

daaaaan satu-satunya BSO yang aku inginkan itu akhirnya mengadakan diklatsar.
diadainnya juga pas blok 1.5!
you know, acaranya 20 april - 18 mei -..-
tanggal 18 mei tu tabrakan sama arteries! T______T
coba deh ntar kita liat peraturannya diklatsar.
semoga beritanya baik ._.



jadi, hampir di semua weekend di blok 1.5 aku ada kegiatan
semoga banyak kegiatan nggak dijadiin pelarian dari susahnya pelajaran blok 1.5
haha, aamiin ;)

oiya, aku jadi kangen om sho gara-gara akhir-akhir ini nino ganteng haha ;)

Friday, 29 March 2013

pesan dari nona Achar ;)

"jangan suka nongkrong. nanti prolaps uteri lho! ;)"
Achar
setelah lecture anatomy and function of the pelvic floor
Auditorium FK UGM


sebenernya aku nggak pernah manggil achar 'nona'. yang suka manggil achar 'nona' adalah dinar hanifudin hahaha :p

Tuesday, 19 March 2013

terlalu ngale -___-

enggak tau kenapa, aku blok 1.4 ini males banget rasanya!
ini buktinya udah 3 minggu lebih masuk blok 1.4 dan aku masih super ngale sampe temenku heran, "kok bisa sih fin santai banget?"  dan ngalenya sangat amat jauh lebih ngale dari ngale ngale ku di blok-blok sebelumnya ._.
mungkin karena sejak jauh sebelum blok 1.4 mulai kita udah dikasih tau kalau blok 1.4 ngale. jadi mindsetku terbentuk kalau 1.4 tu ngale. padahal yang dimaksud ngale tu mungkin karna praktikum dan materinya nggak terlalu banyak. kan bukan berarti terus jadi belajarnya juga ikut super ngale. seharusnya sih.
karna dulu waktu blok 1.3, saking padetnya rasanya selalu belajar dengan banyak tekanan karna waktunya nggak banyak, jadi aku mulai terbiasa belajar dengan kondisi kepepet dan penuh tekanan. walaupun kalau terlalu banyak tekanan aku justru malah jadi nggak peduli lagi. jadi kalau belum kepepet belum serius belajarnya :p

blok 1.4 judulnya genito-urinary system.
week 1-2 yang dibahas tentang urinary system. week 3-4 male genital system. week 5-6 female genital system.
sekarang week 4. jadi udah mulai masuk minggu ke-2 bahas male genital system.

yang agak lucu,
tadi pagi aku tutorial tentang male genital system tapi sorenya praktikum anatomi female genital organs -_____-
male genital organsnya udah di week 2.
aneh kan??
mbuh ngapa anatnya ngebut. tapi nggak papa sih. jadi week 5 kita udah bisa tentamen. tentamen tu semakin cepat semakin baik. nggak mau aku udah deket CBT masih mikirin tentamen :p

ngomongin anat,
aku ngerasanya kok agak susah ya genital systemnya.
susah karna keinginan belajar nggak banyak dan karna atlasnya mencar-mencar bikin rada bingung ._.
pelvis dan perineum juga binguuuuung.
itu pretest vaskularisasi-inervasi urinary system& pelvis-perineum aku inhal!! dan aku yakin seharusnya hari ini aku juga inhal karna aku salah 3 dari 5 soal padahal yan tertinggi 100. tapi namaku nggak dipanggil. ya udah sih nggak penting. karna yang vaskularisasi-inervasi genital system aku nggak inhal. jadi hari ini inhal nggak inhal nggak dapet tugas gambar :p
aku juga nggak banyak nonton video dr.jun. nonton sih yang male. tapi dikit. nggak selesai.
habis itu sampe yang female nggak nonton.
besok deh kalau mau tentamen tak tonton :D

terus yang aku seneng,
dokter tutor kita di week 3-4 tu dokter obgyn :3
menurutku ilmu obgyn tu sangat menarik walau aku blas nggak tertarik jadi dokter obgyn :p
ketika sesi feedback, dokternya ngajarin ilmu-ilmu nice-to-know ;)

tutorial kedua week 3 kan kita juga bahas tentang fertilitas. nah, sebagai dokter obgyn, jelas bu tutor kita punya pengalaman menghadapi pasien perihal fertilitas. waktu itu ngomongin tentang sperma. sperma kan ada yang bawa kromosom x ada yang bawa kromosom y. punya anak laki-laki atau perempuan itu nggak sepenuhnya untung-untungan. bu dokternya bilang, bener kalau semua itu kehendak Allah, tapi bukannya nggak bisa diperkirakan.
bu tutor: "... ya pasiennya ditanya, mau punya anak laki-laki atau perempuan."
fina carol tika: "laki-laki!"
bu tutor + kelompok 18 yang lain: "hahahahahahaa!"
bu tutor: "tadi itu pernyataan bukan pertanyaan"

hahaha,
ternyata kita bertiga sama-sama pengen punya anak laki-laki ^^
kalau menurutku waktu itu,
kita yang cewek-cewek nggatekke banget yang dijelasin bu tutornya haha (terutama kita bertiga)
mungkin malah ada yang bikin catetan! hahahaha ;)
(NTK gitu lho. anak kelompok 18 nggak nyatet hampir segala yang NTK :p)

kalau tutorial hari ini,
skenarionya tentang anak-anak cowok yang curhat tentang pollutio yang mereka alami ^^
lha terus tadi kita yang cewek-cewek karna nggak mengalami seperti yang mereka alami di skenario, kita cuma bisa mbayangin aja apa yang sebenernya terjadi sama mereka. apalagi guyton dikit banget bahas tentang ini. tapi mungkin akunya aja yang nggak tau nyarinya di halaman berapa ._.
makanya tadi yang cowok-cowok dijadikan sumber dengan pengalaman mereka masing-masing! hahaha! :p

bu tutornya beberapa kali ngetawain pernyataan-pernyataan kita ^^
dan karna tutorial hari ini based on speculations, kita bener-bener diingetin bu dokternya supaya segala spekulasinya dicocokin sama textbook supaya ilmu kita nggak rancu! hahaha :p
tutorial senin (pertama di week tersebut) tu memang seru kalau pake banyak spekulasi. yang nggak seru, nanti LOnya jadi banyak -_____-
untung blok 1.4 materinya nggak banyak jadi fine fine aja tutorial pertamanya spekulasi! hahaha :p

oiya,
aku sama dinar sampe yakin kalau kita ini adalah kelompok yang paling banyak didzolimi skills labnya.
udah 3 kali kita dijadwalkan skills lab, tiga tiganya reschedule!!
mending yang aseptic procedure kita udah skills lab sama dokter pengganti. tapi yang to be helpful & empathy sama feedback aseptic procedure belum.
masa dokter yang seharusnya skills lab aseptic sama kita, udah dua kali ini dijadwalin skills lab sama kelompok lain di jam yang sama persis! karna kelompok lain itu adalah kelompok tutorial kakak angkatan, kayaknya kalaupun kedobel dokternya bakal milih yang kakak angkatan deh. karna kita kan materinya dasar. tadi aja terus kita skills labnya mau diganti sama dokter residen. yaaaaaaahhh. aku kan pengennya sama dokter spesialis. ya iya sih paling kalaupun residen, mungkin dapetnya dokter residen yang udah senior. tapi kan serunya skills lab sama dokter yang udah spesialis adalah karna kita nanti bisa minta diceritain pengalaman-pengalamannya beliau :3
skills lab aseptic procedure kan akhirnya kita sama dokter lain. you know, beliau adalah dokter spesialis bedah anak!!
wow, keren banget nggak sih?!
nggak tau ya, mungkin aku yang lebay karna aku baca komik the best skilled surgeon yang lakonnya tu adalah Sp.BA
jadi menurutku Sp.BA itu super keren. hahaha! kebanyakan baca komik aku ini :p
dan pak dokternya baik bangeeeet :3
terus kalau pak dokternya tanya,"ada yang ditanyakan?" mungkin maksud beliau adalah: apakah ada yang mau ditanyakan tentang gowning atau gloving atau apapun lah tentang prosedurnya, aku malah tanyanya tentang pekerjaannya beliau! hahaha :p
fina: "dok, kalau operasinya lama gimana dong?"
pak dokter: "ya terus lanjut. saya dulu pernah operasi selama 6 jam. nggak makan nggak minum nggak ke kamar kecil juga"
kita: "oh yaaa??"
fina: "ume, coba dipikir lagi kalau mau jadi dokter bedah. kamu cuma punya urethra 4 cm, um!"
hahaha :p
sebenernya materi skills lab sangat amat seru. yang menyakitkan adalah ya reshednya itu!

terus biokima. besok aku praktikum biokim urine quantitative.
materinya dikit.
seingetku, dulu waktu belajar buat praktikum biokim di blok 1.3 rasanya sampe mau nangis saking banyak materinya tapi waktunya nggak banyak.
seharusnya seneng ya? tapi njuk jadi males juga :p

makanya tadi rencananya malem ini mau nyicil LO,
tapi aku belum nemu nyarinya dibuku apa yang oke. besok aja deh LO dikerjain habis dapet lecturenya :p
ini malah ngeblog sambil nunggu downloadan himitsu no arashi-chan hihihi ;)

Friday, 22 February 2013

sebentar lagi :D

kelompok tutorial 18:
amri-ahmat-achar-ume-fajar-tika-ucan-fina-dinar-carol

ini dia fotonya. jarang-jarang bisa foto lengkap bersepuluh mumpung ada yang bisa dimintai tolong fotoin :p
fotonya diambil setelah tutorial, tanggal 25 januari 2013.
kita makan kue dalam rangka merayakan ulang tahunnya om sho tika
(sebenernya tika nggak ulang tahun tanggal 25 sih)

oke, tinggal 2 hari kuliah mulai.
tapi aku udah kangen sama merekaaaa!
liburku nggak produktif sama sekali :B
paling nggak kan kalau ngeliat mereka belajar biasanya akhirnya aku termotivasi untuk belajar juga ;)

untuk semua yang sedang atau akan menuju jogja:
hati-hati di jalan! jangan lupa berdoa dulu sebelum ngapa-ngapain dan inget oleh-olehnya ditunggu :p

Friday, 15 February 2013

tentir anat blok 1.3

seperti yang udah aku tulis sebelumnya,
di blok 1.3 kakak asisten anat 2009 udah nggak pada ngasistenin lagi, makanya kita udah nggak tentir sama mas R :(

akhirnya, entah atas keputusan siapa, ume sms mas P minta tentir.
terus ume tanya sama kita mau tentir hari apa.
waktu itu aku minta hari selasa.
kayaknya mayoritas juga setuju selasa deh.
tapi!
sampe hari selasa nggak ada kepastian dari mas P! -..-

hari selasa itu kan ada lecture paginya,
nah, di sela-sela lecture aku ke WC sama inem
inem: "fin, kelompokmu jadi tentir sama mas P?"
  kelompoknya inem juga mau tentir sama mas P ceritanya
fina: "iya nem. tapi belum tau kapan. kamu?"
inem: "kelompokku nanti tentirnya"

??!
nyebelin nggak sih?
kalau memang nggak bisa, ngabari kita sebelumnya dong -,-

terus aku ngomong sama ume tentang kelompoknya inem.
terus siangnya ada keputusan kalau kita tentirnya hari rabu.

hari rabu:
akhirnya keputusannya kita tentir di perpus.
aku dinar sama achar telat karna ngumpulin laporan dulu di RP.
terus setelah tau tentirnya di perpus, kita berangkat ke perpus.
sampe di lantai 2 kita liat temen-temen kita lagi pada kumpul di sebelah barat.
tapi nggak duduk.
"lagi ngapain mereka?"
ternyata mereka lagi rebutan tempat sama kelompok lain ^^
mas P mintanya di tempat yang ada papan tulisnya. makanya kita mempertahankan tempat itu.
terus kita ngalah.
tapi kok, nggak lama, anak kelompok lain itu pindah.
langsung deh kita ke sana! XD

aku dapet tempat duduk paling enak ;)
terus mas P muncul.
sebelum tentir aku pipis dulu.
terus tentir dimulai :D

dan ternyata oh ternyata,
mas P orangnya ndagel banget!
dinar: "nggak nyangka ya mas P tu orangnya kayak gini"
(si dinar ngomongnya persis di depan mas P tapi sambil bisik-bisik ke aku -__-)

mas P sering bilang, "ini nanti 88% keluar"  atau  "nggak usah diapalin. kemungkinan keluar paling cuma 20%. apalin yang kemungkinannya diatas 60% aja"  atau  "ini 88% nggak keluar"
ya. dia menyatakan intensitas penting nggak penting pake %! ^^

karna lucu,
aku ikut "bermain" sama mas P.
tiap kemungkinan berapa % yang disebut mas P pasti kutulis di catetan pake spidol. kalau perlu tak tebelin pake stabilo supaya mencolok.
tapi rupanya si achar nganggep itu nggak lucu! ^^
mas P: "ini 88,765% keluar!"
fina: (sambil nulis) "delapan puluh delapan koma ..."
achar: "iiiiiiiihh!" sambil ngenggol sikuku. jadi catetanku kecoret -__-
hahaha! aku ngakak waktu itu ngeliat si achar marah! :p

kita: "mas P, kok yakin banget soal ini bakal keluar?"    "kan yang bikin soalnya asisten"    "o iya deng"
mas P: "yang bikin soal memang asisten. tapi aku nggak ikut bikin karna ada jadwal praktikum"
sakti banget kan dia. bisa-bisanya yakin banget :B


alasan mas P minta di tempat yang ada papan tulisnya adalah karna dia njelasinnya pake gambar.
terus waktu dia mau njelasin sesuatu tentang hepar,
kita bingung.
bingung sama orientasi gambarnya dia.
mas P: "ini yang superior ya"
kita: "mas, itu superior?"
mas P: "iya. kalian lupa po? superior itu atas. kalau inferior bawah. lateral itu.."
kita: "tau mas. inget. tapi.. itu.. superior.. ??"
mas P: "gini lho.."
terus dia nambahin gambar organ lain
fina: "ooo! aku tau! aku tau lho!"
ucan: "aku juga! aku udah tau maksudnya!"
hahaha! tentir sama mas P tu juga diselingi tebak gambar ;)
dan aku cukup ahli. karna beberapa kali aku bisa tau lebih dulu dibanding temen-temen yang lain :D
 :p

gara-gara tentir, selain kita jadi tau kalau dia orangnya ndagel,
kita juga jadi tau beberapa sifatnya mas P yang lain.
kan kita urut materinya. dari upper GIT, abdominal wall, lower GIT, glandula, terus vaskularisasi dan inervasi.
kalau sama mas R, karna dia kalau ngomong cepet, jadi biasanya kita minta ulang sampe beberapa kali. dan mas R selalu sabar untuk ngulang ngomong yang kita ketinggalan.
kalau mas P:
waktu itu kita lagi mbahas vaskularisasi di sekitar gaster po ya.
mas P ngomongnya cepet. kalau kita mau merhatiin, kita nggak akan dapet kesempatan untuk nyatet.
makanya si ume, "maaas, ulangi mas"
maksudnya adalah ume minta tolong supaya mas P ngulang yang barusan dia sebutkan.
mas P: "ulangi? dari upper??"
-_____-
mutungan :B


selain itu:
waktu itu kita udah masuk ke inervasi. lagi mbahas yang simpatis.
karna sebelumnya waktu praktikum vaskularisasi dan inervasi waktunya nggak cukup, mas yang ngasistenin kita waktu itu ngasih tentir ke kita tapi bagian itu tok. karna masnya angkatan 2009, jadi dia sibuk (kita juga nggak tau kok masnya masih ngasistenin padahal temen-temennya udah enggak). makanya tentirnya ke dikit anak aja terus nanti yang ikut tentir ngasih tau ke yang lain.
waktu itu yang dateng amri fajar fina dinar achar.
nah masnya ini baik dan pinter pastinya. kita dikasih tau tentang serabut presinaps T12. 
kita mahasiswa 1.3 belum belajar tentang persarafan secara khusus. ngapalinnya juga masih "apal mati"

makanya info ini tu adalah info yang bagus banget (menurutku) (dan menurut mas P juga sih. katanya, kalau ini dikeluarin pas tentamen dan kita bisa jawab, dr. pras yang ngoreksi pasti sampe standing applause ngeliat jawabannya ^^):
mas P: "serabut presinaps yang T10-12 itu.. "
fina: "ooo! aku tau aku tau! aku udah pernah dikasih tau sebelumnya. yang  Nn. splanchnici minor tu hanya T10-11 kan mas? yang T12 Nn.splanchnici minimus"
mas P: "hmmm.. iya. siapa yang ngasih tau? aku ya?"
-____-
narsis banget :B


karna itu tentir,
jadi kita benar-benar mengacu ke tentamen.
aku nggak tau kenapa, tentirnya nggak bisa di lab, makanya kelompokku tentir di perpus.
padahal kalau tentamen soalnya bukan gambar. tapi preparat beneran.
makanya terus kita ngomongin preparat juga:

(aku agak lupa apa persisnya yang kita omongin waktu itu :p)
mas P: "biasanya untuk soal ini preparatnya tu yang kaki tok itu lho"
kita: "yang mana mas?"    "emang ada ya preparat yang kayak gitu?"    "kita pernah liat nggak sih?"
mas P: "ada. kalian pernah liat kok."
kita: " ??! "
       "kok tau sih mas?? iiiiihh, mas P kepo!"    "iya nih! wong waktu itu praktikumnya kita nggak sama mas P!!"
fyi, kita sama sekali nggak praktikum anat sama mas P di blok 1.3
tapiii,
kurang sabar apa coba mas P..
setelah kita nuduh dia kepo, mas P masih mau ngelanjutin tentirnya! *batal. aku membatalkan pernyataan sebelumnya yang bilang mas P itu mutungan ^^*
mas P: "waktu itu B*** minjem preparat itu dari tempatku soalnya"
hahaha! :p


o iya,
kan carol cerita kalau belum lama ini dia ketemu dr. **** di malioboro lagi sama pacarnya.
terus kita kan ketawa karna terus kita bercanda tentang topik itu. terus mas P ngomong,
mas P: "kalian tau dr. ***** nggak?"
fina: "oooo! tau. yang ngelecture hormon di blok 1.2 kan?"
mas P: " ... iya ho o"
kita: "..."
mas P: " ..."
kita: "..."
fina: "eh? lha terus mas?"
mas P: "aku juga pernah ketemu beliau di jalan"
jderrr!
antiklimaks dan random banget e mas P ki -..-
kita kira mas P mau ngasih tau apaaaaa gitu yang penting :p


o iya,
si carol kan kepo. kayaknya semua asisten yang nentir kita udah ditanya asal SMAnya deh. termasuk mas P.
carol: "mas P kamu dulu dari SMA mana e?"
mas P: "SMA 1"
kita (terutama yang anak jogja) (lebih-lebih yang alumni SMA 1 jogja): "??!"    "iya po mas??"
nggak salah kalau kita kaget.
karna tika juga alumni SMA 1 jogja, kalau ditambah mas P,
lama-lama aku nggak bisa mbedain alumni SMA 1 hanya dari penampilannya tok :p
mas P: "iya. SMA 1 klaten"
kita: "owalaaaaaah"
hahaha! :p

saking seringnya dia bercanda, kadang kita harus memilah apa yang diajarin sama mas P. tapi kadang kelewatan juga milahnya :p
mas P: "ngapalinnya tu kalau parasimpatis: rest &digest. simpatis: fight & flight"
kita: "yang bener mas?"
mas P: "beneran ini"
hihihi, ternyata beneran kok. aku pernah liat di hsc 1.5 ^^


ketika udah mau selesai,
fina: "mas P, dulu kan kita tentirnya sama mas R. waktu tentamen aku dikode tentang jawabannya lho sama mas R"
yang lain: "oh ya? emangnya gimana?"
fina: "iya. waktu itu setelah aku nulis jawabannya terus mas R senyum ke aku"
senyumnya tu bukan senyum nyindir kayak asisten yang jaga waktu tentamen blok 1.1!
spekulasiku sih waktu itu mas R senyumnya: "bener kok jawabannya :)"   hahaha! :p
mas P: "ya gampang besok"
kita: "beneran mas?? YEEEEIIIIY!"   "tapi kan belum tentu mas P jaga pas sesinya kitaaa :("

terus pas tentamen,
ternyata mas P jaga di sesi kelompokku!
untuk pertama kalinya aku tentamen dimulai dari REST.
masa belum-belum udah REST??
yoweslah ikhlas wae..
terus, KRIIIING
tentamen mulai. KRIIIIING.
kita geser. tentamen itu kita yang muter. kan serem kalau preparatnya yang geser -____-
sampe ada soal yang preparatnya paru.
waktu itu mas P lewat.
fina: "mas P!"
iya aku tau aku salah. itu lagi ujian malah panggil-panggil pengawas ujian :p
mas P: "tau nggak jawabannya?"
fina: jan e lupa.. tapi terus konek "tau mas! :D"
KRIIIIING
terus geser. kalau nggak salah REST. KRIIIING.
terus ada preparat kaki. cuma sebelah.
dan aku nggak ngerti ini apa yang ditunjuk.
njuk ngeblank.
fina: (dalam hati)  "ini kaki kanan po kiriiii? ini apaan yang ditunjuuuuk??"
mas P: "itu lho. lipatannya cuma satu"
fina: owalaaaaaaah!   "makasih mas! XD"
aku jawab: plica transversalis media
dan ternyata, jawabannya harusnya: plica recti transversa media!!
T______T
dr. jun di video nyebutnya tanpa rectiiiiii! aaaaa tau gitu aku nonton video dr.jun sambil pegang check list T_____T
kan eman-eman mas P udah mbocorin tapi tetep salah! T_______T

tapi aku nggak nyangka mas P menepati janjinya lho! XD
fajar sama carol juga dibantu sama mas P XD
sehingga menyebabkan si fajar bilang,
fajar: "besok kita tentirnya sama mas P lagi aja!"
hahaha :B

terus waktu itu, kan geser lagi.
preparatnya hepar.
ditanya saluran apa.
karna aku habis nonton video dr.jun, jadi aku tau itu apa karna di video, dr.jun menekankan gimana cara mbedain duktus cysticus, duktus hepaticus communis, dan duktus choledocus.
seorang mas-mas: "tau nggak dek jawabannya apa?"
fina: "?!.. ya mas?"
seorang mas-mas: "tau nggak jawabannya?"
fina: "duktus hepaticus communis mas"
seorang mas-mas: "ya, bener"
terus dia pergi.
aku cuma bisa mangap sambil ngeliat masnya pergi.
eh beneran nih? aku dapet bocoran jawaban lagi??!
asiiiik! XD

kan waktu tentir aku sama dinar sering bisik-bisik sambil ketawa-ketawa,
salah satunya:
fina: "din, liat deh. ini catetan tentir mas R.. yang ini mas P!"
dinar dan fina: "hahahahahahaha!"

catetan yang mas R tu rapi dan runtut. yang mas P kebanyakan gambar dan berantakan :D
tentir sama mas P kebanyakan ketawa sih! ;)

catetan tentir mas R
 catetan tentir mas P



tapi mas P nggak sendiri kok. kalau menurutku, dibandingin asisten praktikum lain, asisten anat memang agak geje orang-orangnya ;)

geje asisten anat #1
mas R: "os. hyoid itu adalah tulang lidah. jadi nggak bener itu lagu yang bilang 'lidah tidak bertulang'"

geje asisten anat #2
kita: "mas, ini lubang apa? kayaknya ditextbook nggak ada deh"
mas AA: " o ini.."
kita: (udah posisi tangan megang bolpen/pensil di atas buku catetan. siaga siap nyatet)
mas AA: "namanya foramen longwe. foramen bolong dhewe"

geje asisten anat #3
mas AA2: "dulu aku sebelum blok 1.5 kalau pas tentamen ada pertanyaan nervus apa selalu tak jawab nervus vagus dek"
vagus: menghindar, tidak jelas, samar-samar [sobotta]

geje asisten anat #4
mas AA3: " ..namanya intersectio tendinea. yang six pack itu lho dek"
kita: (ngangguk-ngangguk)
mas AA3: "kebayang nggak? apa perlu tak kasih liat punyaku" (sambil gesture siap buka bajunya sendiri)

-__________-"

kalau mbak-mbak asisten anat,
mereka tu cantik-cantik!
suatu hari ketika praktikum anatomi:
achar: "fin fin.. mbak-mbaknya yang didepan cantik-cantik banget"
fina: "iya char *__*"
ume: "jangan-jangan di soal seleksi asisten anatomi ada pertanyaan: 'apakah anda merasa diri anda cantik/ganteng?' dan kalau mau lolos seleksi jawabannya harus 'ya'"

karna dulu 2 praktikum anat pertama kita asistennya cowok terus dan kebanyakan asisten yang tugas waktu itu juga cowok, aku kira karna memang asisten anat cewek tu dikit (atau entah mungkin karna asisten 2009 ceweknya lebih dikit dibanding asisten 2010).
ya iya lah..
bayangin aja:
praktikum anatomi tu pake preparat cadaver!
bayangin mbak-mbak yang cantik-cantik ngubek-ubek cavitas peritonei untuk nyari bagian usus yang nyelip diantara usus lain.
-___-
ternyata aku salah.
justru mbak-mbak asisten anat tu nggak dikit dan cantik-cantik ._.
cuma orangnya bisa dibilang lebih serius dari yang cowok.
pernah kita bercanda ketika asistennya perempuan. terus kita ketawa.
tapi mbak asistennya cuma: "..."
._.

makanya, justru blok blok depan aku kepenginnya sama mbak-mbak aja.
biar serius.
satu semester kemaren kayaknya aku kebanyakan ketawa deh selama praktikum ._.

Thursday, 14 February 2013

sedang galau ._.

aku pinjem dvd k-dramanya dhita kan 2 judul: princess hours dan the moon that embraces the sun

princess hoursnya aku berhenti di episode 23.
kenapa?
bukan. bukan karna sub yang nggak oke.
subnya oke dan kualitas videonya juga oke.
terus kenapa dong?
jawabannya adalah: karena aku eman-eman! ._.
udah capek-capek nonton 23 episode, terus tau-tau tinggal satu episode terakhir!
kan eman-eman ;)

makanya terus the moonnya itu tak tonton.
aceeem, apik! XD
bagus banget doramanya :3

aku nonton sampe episode 8 doang.
lagi-lagi kehambat sub!
padahal episode awal-awal subnya apik lho -____-
rencananya besoknya aku mau ke warnet,
tapi ujan!
beberapa hari ini diatas jam 2-3 ujan deresss.
ya udah,
seharian itu aku belajar enggak, nonton dorama juga nggak.
nggak jelas deh pokoknya. kebuang sia-sia waktuku sehari -______-

terus kemarin (sehari setelah aku buang waktuku sehari),
aku ke warnet (lagi).
ngopi the moon that embraces the sun sama beberapa film.
bentar doang, terus langsung pulang.
terus langsung tak tonton :3

dan ternyataaa,
subnya podo wae. elek -___-
terus aku download. nyari downloadannya agak susah.
terus nemu sub bahasa indonesia yang oke ;)

terus langsung tak tonton sampe episode 18.
sekarang tinggal 2 episode.
rasanya eman-emaaaaaaaan banget.
tapi pengeeeeeeeeen banget tak tonton!
aaaaaaa galau ._.

ceritanya apik banget.
6 episode pertama kan cerita ketika lakon-lakonnya masih remaja.
itu. sedih. banget.
T^T

ih tapi lee hwonnya keren banget! :3
waktu dia 15 tahun sih dia koplak, tapi setelah gedhe dia jadi kereeen!
berani banget ngelawan menteri-menterinya.
dan nggak pilih kasih. bahkan keluarganya sendiripun, kalau bersalah ya harus diadili!
kereeeen *__*
dan actingnya kim soo hyun juga kereeeeeeeen banget! *___*
rasanya sampe mau nangis kalau liat dia nangis *___*
dulu aku pertama kali liat dia di dream high.
ketika itu dia juga udah keren banget,
apalagi di MoonSun.

dia kan perannya jadi raja.



rencananya hari ini aku mau belajar.
belajar sih.
tapi sejauh ini cuma baca guyton 1,5 halaman doang!
hihihi :p

Sunday, 10 February 2013

praktikum farmakologi

praktikum farmakologi diadakan pertama kali di blok 1.3
jadi cukup deg deg-an juga dengan praktikumnya.

praktikum pertama judulnya: influence of drug route administration on drug onset and duration
ada 4 rute yang akan kita coba ke tikus-tikus wistar yang jadi subjek percobaan kita: oral, subcutan, intramuscular, dan intravena
kecuali yang oral, 3 rute lain kan melibatkan jarum suntik,
karna sejak jadi mahasiswa pendidikan dokter itu adalah kali pertama kita nyuntik sesuatu,
kelompokku pada rebutan!
fina: "aku subcutan!"
yang lain: "aku intravena!"   "aaaku yang intravenaaa!"   "aku! aku intrvenaaa!"   "aku intramuscular!"   "tadi aku udah duluan minta yang intramuscular"   "ya udah aku oral deh"
hihihi!
pokoknya aku udah duluan minta subcutan, jadinya aku dapet subcutan :p

biasa,
sebelum praktikum pretest dulu.
kalau pretest gagal, disuruh ikut praktikum sama group lain ._.
habis pretest kita dikasih lecture dulu bentar terus diputerin video prosedur praktikumnya.

gara-gara nonton itu,
beberapa temenku yang udah ngotot mau nyuntik batal!
carol: "aku nggak jadi nyuntik.. kasian tikusnya.. aku yang ngitung waktunya aja deh ._."
hahaha!
iya sih..
awalnya aku jadi ragu.
tapi terus akhirnya mantep. nggak papa. kalau nggak dimulai dari sekarang kapan lagi! ;)

ketika kita udah bagi tugas, udah siap mulai kerja,
ada bu dosen yang ndatengin meja kelompokku.
kita ditegur karna buku-buku kita bertebaran di meja -____-
seharusnya buku kita ditumpuk jadi satu atau paling nggak jangan nyebar gitu lah.
selain memudahkan kerja, itu tikusnya eek terus di mana-mana -_____-

terus dosennya masukkin obat secara oral.
"nusuk"-in sonde ke dalem GI tractnya si tikus.
aaaaw, kasian tikusnya.
masalahnya itu sondenya gedhe banget buat si tikus ._.

terus habis itu bu dosennya pergi.
terus mas mas laborannya dateng mbantuin kita untuk injeksi obatnya (kalau nggak salah diazepam. maaf, aku males ngecek ke blockbook :p)
pertama im dulu.
siapa ya yang nginjeksi aku lupa :p
terus iv.
harusnya yang nginjeksi kan ume, tapi pada akhirnya yang nginjeksi si masnya itu.
memang susah sih kayaknya.
soalnya aku nunggu gilirannya agak lama.
dan si tikus jadi berdarah-darah
(lebay deng :p)

terus akhirnya tiba juga giliranku.
waktu iv kan memang masnya yang nginjeksi,
waktu im, temenku bener-bener tinggal nyuntikkin obatnya.
untuk sc, kan butuh dicubit dulu kulit tikusnya. aku kira masnya yang nyubitin terus aku tinggal nyuntikkin doang.
fina: "mas, yang nyubit tikusnya siapa?"
mas laboran: "ya kamu no. yang nginjeksi yang nyubit"
-____-
rute paling sadis nggak sih subcutan??
udah dicubit, ditusuk pake jarum lagi kulitnya!

rada nggak tega gitu tapi ya udahlah mantep aja.
lagian tikusnya juga udah pasrah siap diinjeksi :p

dan ternyata prosesnya cuepet banget dan gampang.
saking cepetnya, masnya jadi ragu
mas laboran: "udah masuk belum tadi obatnya?"
fina: "udah kok mas. kerasa tadi waktu nembus kulitnya"

terus kita nungguin efek obatnya.
ya ampun. hari itu kelompok 18 kacau banget!
rute iv yang seharusnya paling ampuh, malah nggak ngefek sama sekali! -___-
memang sih, waktu nginjeksi kok kayaknya kesulitan banget si mas laborannya.
mungkin obatnya nggak masuk ke vena, tapi cuma nembus buntutnya doang -___-
terus tikusku (rute sc) tu sedari awal kesannya dia emang udah sedasi.
soalnya dari awal sejak sebelum diinjeksi diazepam,
dia udah loyo gitu kayak ngantuk.
kita jadi bingung. terus akhirnya yang kita anggep durasi sedasinya jadi lama banget .__.

seharusnya kan tikusnya tidur.
tapi,
untuk kelompok 18, nggak ada satupun tikus yang tidur!
nyampah data banget e kita -____-
hahaha! :p

praktikum kedua,
sebelum praktikum kan nggak ada jadwal.
bisa ditebak.
aku telat saudara-saudara!!
ada barengannya sih..
tapi cowok semua -_______-

untung waktu kita masuk pretest belum dimulai ._.
terus pretest.
aduh!
apaan nih aku nggak ngerti soalnya!
kayaknya di hsc 2010 nggak ada materinya deeeeeh!

ternyata, setelah selesai,
temenku: "kan ada di hsc 2011"
what??
hsc 2011??!
sejak saat itu aku nggak maido hsc 2011 lagi.
padahal sejak aku baca materi lecture embryologi aku jadi males baca hsc 2011.
tapi sejak kejadian itu aku belajarnya pake hsc 2011 juga   m(_ _)m
(hsc 2011 kan kayak buku latian soal, jadi lumayan buat belajar CBT ;))

praktikum kedua judulnya: dose effect relationship
jadi dengan obat yang sama tapi dosis yang berbeda, kita masukkin obatnya secara intraperitoneal ke tikus wistar.
ada 3 dosis.
sebelum neostigmine diinjeksi,
si tikus kita anastesi dulu pake ketamin.

karna udah kebagian nginjeksi di praktikum sebelumnya,
aku sih ngalah aja.
aku waktu itu mbersihin saliva di mulut tikusnya.
cuma sekali sih.
terus habis itu aku jadi timer karna aku pake jam tangan digital yang ada timernya.
kan itu kerjanya pada 2 tikus, jadi kelompokku kerjanya dibagi 2
nah, kelompokku pada nggak bisa pake stopwatch yang disediain -__-

 

aku nggak tau siapa yang mulai,
tapi tau-tau ada yang namain tikusnya.
namanya 'dinar' lagi!
terus kita kan pada ketawa
kita: "yang satunya belum dinamain" "fina aja namanya!" "hahahaha!"
-_______-
fina: "jangan fina! ucan aja! :p"
achar: "iya ucan aja. lebih unyu"
terus akhirnya diputuskan bahwa nama tikus kita hari itu adalah: 'dinar' dan 'ucan'!
hahahahahahahahahahaa! :p

'ucan' pinter lho!
jumlah saliva sesuai teori :3
akhirnya kita nggak nyampah data lagi! XD
tapi si 'dinar' jumlah saliva untuk dosis 2 lebih banyak daripada dosis 3.
penyebabnya sih mungkin karna wadah tempat 'dinar' tidur (sebenernya bukan tidur sih. tapi dianastesi) kesampluk terus 'dinar'nya jadi rada terbang gitu terus jatuh lagi ke wadahnya.
kan bisa aja salivanya ikut terbang keluar atau malah ketelen!
jadinya untuk datanya 'dinar' kita agak nyampah -___-

 'dinar' dan 'ucan' :3

praktikum farmakologi asik banget!
cuma dosennya ada yang galak dan bikin males tanya
padahal kelompok 18 kan paling cerewet kalau praktikum karna biasanya kita kebanyakan tanya -___-

pada dasarnya,
menurutku materi lecture farmakologi itu agak susah.
mungkin karna aku belum bener-bener baca textbooknya kali ya. mbaca hsc juga buru-buru. nggak diresapi.
waktu CBT aku waton banget njawab soal-soal farmakologi -_____-

Friday, 8 February 2013

warnet ;)

akhirnya aku pergi ke warnet kemarin sore :D

ketika aku nyampe, aku liat motor yang parkir banyak!
wah, gawat ._.
setelah masuk, beneran, si masnya yang jaga bilang kalau sekarang lagi penuh, "tapi mbak antrian pertama kok, mbak"
oh, oke.
ya udah. udah susah-susah ngelawan males untuk berangkat ke sini. masa baru dateng terus langsung pulang.
fina: "kira-kira berapa lama lagi ya mas?"
mas penjaga warnet: "wah, kurang tau mbak"
hhhh..
ketika itu jam 16.15an kalau udah jam 16.30 rencananya aku mau pulang. selak maghrib soalnya.

baru duduk nunggu bentar terus seseorang masuk.
siapa dia?
faiz!
ya ampuuuun. ngapain coba si faiz jauh-jauh pergi ke warnet itu.
warnet yang kita datengin itu warnet deket SMA 8. kalau dari rumahku sih nggak terlalu jauh. tapi kalau faiz kan mestinya jaaaauuuuhh. makanya aku kaget O_O
fina: "ngapain is ke sini?"
faiz: "ya ngenet lah"
-_____-
fina: "maksudku, kenapa harus jauh-jauh ke sini"
faiz: "ya nggak papa to :p"
hahaha, iya sih. aku juga sama. warnet itu juga bukannya warnet terdekat dari rumahku :p

selain itu, kita pake jaket yang sama lagi!
ketika dalam perjalanan menuju warnet juga aku ngeliat anak cewek masuk pamela pake kaos delayota dan jaket angkatan juga. mmmm.. kayaknya rosa deh *sok tau  ^^*

terus, nggak lama, mbak yang pake box 16 keluar
fina: "asik! duluan ya is :D"

terus aku langsung nyari princess hours.
ketemu.
langsung kukopi.
eh?
ngopinya kok lumayan cepet??
paling nggak lebih cepet dari dulu pas terakhir kali aku ke sini!
waaaah, asik nih!

tapi.
karna asumsiku ngopi dorama di sini lambat, jadi sebelum berangkat aku nggak searching dorama baru yang oke. duh.
akhirnya aku ngopi papadoru eps 9, 10 sama kagiheya eps 11 karna aku belum punya episode itu :D
terus kan bingung,
terus aku inget dulu ketika skills lab di blok 1.1 dosennya pernah nyebut tv shows amerika judulnya "grey's anatomy" *judulnya kayak judul textbook. i know ;)*
terus aku tonton dulu episode satu.
oooooo, ceritanya tentang intern bagian bedah gitu.
kayaknya menarik. terus aku kopi. 3 seasons malah. habis aku nggak tau mau ngopi apa lagi -___-
terus aku ngopi JIN 2 juga.
terus kan aku keliling foldernya. nyari-nyari dorama lain..
terus aku liat folder princess hoursnya ada 2!
wah, aku salah kopi. aku ngopinya yang kualitas videonya jelek. pantes cepet banget. padahal kan 24 episode. mestinya gedhe ukurannya -____-
terus aku juga ngopi lie to me sama runway cop :3

lie to me ku dulu udah tak hapus.
tapi terus aku tau-tau kangen sama HwanHye. hihihi ;)
gara-gara, waktu aku nyari review princess hours di google, aku inget web yang dulu suka aku buka ketika aku lagi suka-sukanya sama kang ji hwan
langsung buka web yang dulu itu
terus nemu ini
hwaaaaa, njuk jadi pengen nonton lie to me lagi :3

aku suka webnya koala itu soalnya kita sama-sama fansnya kang ji hwan dan kita juga sama-sama shipper nya HwanHye XD

setelah satu jam lebih dikit, terus aku pulang.
sampe rumah, aku nyetel princess hoursnya.
tapi ternyata nggak nood untuk nonton itu.
mboh ngapa jadi males. kayaknya aku bener-bener udah bosen deh nonton princess hours ._.

terus aku malah nonton grey's anatomy.
aku nontonnya sambil googling!
terminologinya broooo! -___-

aku nonton code blue (dorama kedokteran juga. tapi ini jepang punya ;)), dibandingkan waktu pertama kali nonton, aku lebih nyimak ketika aku ngulang nonton setelah jadi mahasiswa pendidikan dokter.
soalnya memang kalau nonton dorama kedokteran tu banyak terminologi yang nggak umum -___-
kalau dulu sih nggak ngerti ya udah. tapi kalau sekarang, kalau bisa aku cari tau artinya. lumayan. sambil nonton dapet ilmu ;)
tapi aku juga udah mulai nggak terlalu tertarik sih.. isinya malah cinta-cintaan -__________-

sekarang aku udah mulai ngelanjutin princess hours lagi. udah masuk episode 21.
sebenernya, nggak sengaja aku tau endingnya.
tapi tetep aku pengen nyelesaiin dorama lengkap. makanya aku tetep ngelanjutin walau agak bosen. dan sebel.
aku sebel banget sama chae kyung!
sama yul juga X(
sekarang aku ada di pihaknya shin :p
hihihi ;)