Sunday 10 February 2013

praktikum farmakologi

praktikum farmakologi diadakan pertama kali di blok 1.3
jadi cukup deg deg-an juga dengan praktikumnya.

praktikum pertama judulnya: influence of drug route administration on drug onset and duration
ada 4 rute yang akan kita coba ke tikus-tikus wistar yang jadi subjek percobaan kita: oral, subcutan, intramuscular, dan intravena
kecuali yang oral, 3 rute lain kan melibatkan jarum suntik,
karna sejak jadi mahasiswa pendidikan dokter itu adalah kali pertama kita nyuntik sesuatu,
kelompokku pada rebutan!
fina: "aku subcutan!"
yang lain: "aku intravena!"   "aaaku yang intravenaaa!"   "aku! aku intrvenaaa!"   "aku intramuscular!"   "tadi aku udah duluan minta yang intramuscular"   "ya udah aku oral deh"
hihihi!
pokoknya aku udah duluan minta subcutan, jadinya aku dapet subcutan :p

biasa,
sebelum praktikum pretest dulu.
kalau pretest gagal, disuruh ikut praktikum sama group lain ._.
habis pretest kita dikasih lecture dulu bentar terus diputerin video prosedur praktikumnya.

gara-gara nonton itu,
beberapa temenku yang udah ngotot mau nyuntik batal!
carol: "aku nggak jadi nyuntik.. kasian tikusnya.. aku yang ngitung waktunya aja deh ._."
hahaha!
iya sih..
awalnya aku jadi ragu.
tapi terus akhirnya mantep. nggak papa. kalau nggak dimulai dari sekarang kapan lagi! ;)

ketika kita udah bagi tugas, udah siap mulai kerja,
ada bu dosen yang ndatengin meja kelompokku.
kita ditegur karna buku-buku kita bertebaran di meja -____-
seharusnya buku kita ditumpuk jadi satu atau paling nggak jangan nyebar gitu lah.
selain memudahkan kerja, itu tikusnya eek terus di mana-mana -_____-

terus dosennya masukkin obat secara oral.
"nusuk"-in sonde ke dalem GI tractnya si tikus.
aaaaw, kasian tikusnya.
masalahnya itu sondenya gedhe banget buat si tikus ._.

terus habis itu bu dosennya pergi.
terus mas mas laborannya dateng mbantuin kita untuk injeksi obatnya (kalau nggak salah diazepam. maaf, aku males ngecek ke blockbook :p)
pertama im dulu.
siapa ya yang nginjeksi aku lupa :p
terus iv.
harusnya yang nginjeksi kan ume, tapi pada akhirnya yang nginjeksi si masnya itu.
memang susah sih kayaknya.
soalnya aku nunggu gilirannya agak lama.
dan si tikus jadi berdarah-darah
(lebay deng :p)

terus akhirnya tiba juga giliranku.
waktu iv kan memang masnya yang nginjeksi,
waktu im, temenku bener-bener tinggal nyuntikkin obatnya.
untuk sc, kan butuh dicubit dulu kulit tikusnya. aku kira masnya yang nyubitin terus aku tinggal nyuntikkin doang.
fina: "mas, yang nyubit tikusnya siapa?"
mas laboran: "ya kamu no. yang nginjeksi yang nyubit"
-____-
rute paling sadis nggak sih subcutan??
udah dicubit, ditusuk pake jarum lagi kulitnya!

rada nggak tega gitu tapi ya udahlah mantep aja.
lagian tikusnya juga udah pasrah siap diinjeksi :p

dan ternyata prosesnya cuepet banget dan gampang.
saking cepetnya, masnya jadi ragu
mas laboran: "udah masuk belum tadi obatnya?"
fina: "udah kok mas. kerasa tadi waktu nembus kulitnya"

terus kita nungguin efek obatnya.
ya ampun. hari itu kelompok 18 kacau banget!
rute iv yang seharusnya paling ampuh, malah nggak ngefek sama sekali! -___-
memang sih, waktu nginjeksi kok kayaknya kesulitan banget si mas laborannya.
mungkin obatnya nggak masuk ke vena, tapi cuma nembus buntutnya doang -___-
terus tikusku (rute sc) tu sedari awal kesannya dia emang udah sedasi.
soalnya dari awal sejak sebelum diinjeksi diazepam,
dia udah loyo gitu kayak ngantuk.
kita jadi bingung. terus akhirnya yang kita anggep durasi sedasinya jadi lama banget .__.

seharusnya kan tikusnya tidur.
tapi,
untuk kelompok 18, nggak ada satupun tikus yang tidur!
nyampah data banget e kita -____-
hahaha! :p

praktikum kedua,
sebelum praktikum kan nggak ada jadwal.
bisa ditebak.
aku telat saudara-saudara!!
ada barengannya sih..
tapi cowok semua -_______-

untung waktu kita masuk pretest belum dimulai ._.
terus pretest.
aduh!
apaan nih aku nggak ngerti soalnya!
kayaknya di hsc 2010 nggak ada materinya deeeeeh!

ternyata, setelah selesai,
temenku: "kan ada di hsc 2011"
what??
hsc 2011??!
sejak saat itu aku nggak maido hsc 2011 lagi.
padahal sejak aku baca materi lecture embryologi aku jadi males baca hsc 2011.
tapi sejak kejadian itu aku belajarnya pake hsc 2011 juga   m(_ _)m
(hsc 2011 kan kayak buku latian soal, jadi lumayan buat belajar CBT ;))

praktikum kedua judulnya: dose effect relationship
jadi dengan obat yang sama tapi dosis yang berbeda, kita masukkin obatnya secara intraperitoneal ke tikus wistar.
ada 3 dosis.
sebelum neostigmine diinjeksi,
si tikus kita anastesi dulu pake ketamin.

karna udah kebagian nginjeksi di praktikum sebelumnya,
aku sih ngalah aja.
aku waktu itu mbersihin saliva di mulut tikusnya.
cuma sekali sih.
terus habis itu aku jadi timer karna aku pake jam tangan digital yang ada timernya.
kan itu kerjanya pada 2 tikus, jadi kelompokku kerjanya dibagi 2
nah, kelompokku pada nggak bisa pake stopwatch yang disediain -__-

 

aku nggak tau siapa yang mulai,
tapi tau-tau ada yang namain tikusnya.
namanya 'dinar' lagi!
terus kita kan pada ketawa
kita: "yang satunya belum dinamain" "fina aja namanya!" "hahahaha!"
-_______-
fina: "jangan fina! ucan aja! :p"
achar: "iya ucan aja. lebih unyu"
terus akhirnya diputuskan bahwa nama tikus kita hari itu adalah: 'dinar' dan 'ucan'!
hahahahahahahahahahaa! :p

'ucan' pinter lho!
jumlah saliva sesuai teori :3
akhirnya kita nggak nyampah data lagi! XD
tapi si 'dinar' jumlah saliva untuk dosis 2 lebih banyak daripada dosis 3.
penyebabnya sih mungkin karna wadah tempat 'dinar' tidur (sebenernya bukan tidur sih. tapi dianastesi) kesampluk terus 'dinar'nya jadi rada terbang gitu terus jatuh lagi ke wadahnya.
kan bisa aja salivanya ikut terbang keluar atau malah ketelen!
jadinya untuk datanya 'dinar' kita agak nyampah -___-

 'dinar' dan 'ucan' :3

praktikum farmakologi asik banget!
cuma dosennya ada yang galak dan bikin males tanya
padahal kelompok 18 kan paling cerewet kalau praktikum karna biasanya kita kebanyakan tanya -___-

pada dasarnya,
menurutku materi lecture farmakologi itu agak susah.
mungkin karna aku belum bener-bener baca textbooknya kali ya. mbaca hsc juga buru-buru. nggak diresapi.
waktu CBT aku waton banget njawab soal-soal farmakologi -_____-

No comments:

Post a Comment