Saturday 2 February 2013

praktikum biokimia

karna praktikum blok 1.3 buanyak banget (katanya sih memang yang paling banyak di blok 1.3), aku mau nulis tentang praktikum-praktikumnya ;)

praktikum biokim pertama: DIGESTION
percobaannya pake saliva, HCl, reagen benedict, empedu, susu, air, dll lah.
karna saliva yang dipake adalah saliva kita sendiri, mas asisten biokimnya kita (untuk selanjutnya dia akan kutulis sebagai mas AB), mbagi kelompok 18 jadi 3 kelompok yang tiap kelompoknya akan ada cowoknya supaya ada pendonor saliva, masnya pengertian yaa :D
kelompokku: fina, ume, amri, fajar
kita ini udah beberapa kali kerja sekelompok kalau praktikum biokim. dan paling nggak, selalu ada satu percobaan yang gagal --" (percobaan koagulasi darah aja gagal. padahal kita tau, percobaan koagulasi itu yang paling effortless -..-)
nah, si amri sama fajar nggak ada yang mau donor saliva!
fina: "mas ABeeee, ini cowok-cowoknya nggak ada yang mau mbagi salivanyaaaaa!"
ngadu ceritanya :p
mas AB: "harus! pokoknya cowoknya harus mau dipake salivanya"
kan aku nggak kebagian percobaan pake saliva. bagi tugas gitu. jadi, aku kaget ketika si fajar udah percobaan pake saliva
fina: "lho? lha gene, mau akhirnya ngeluarin saliva?"
fajar: "ini salivanya ahmat kok :p"

nah, si mas AB ini, orangnya lucu ternyata.
ketika percobaan selesai, terus kita di kasih materi, kan kita sambil bercanda. nah, kita ngomongin si mas R.
mas AB: "R? siapa ya R.."
kita: "asisten anatomi mas! masa nggak tau siiiih?"
mas AB: "mmmm.. R.. siapa ya.."
kenapa kok kita tau-tau ngomogin mas R aku juga nggak inget kenapa. tapi kenapa kita nyebut mas R? itu karna kita lagi macok2in mas R dengan seseorang diantara kita ;)
o iya, mas R sama mas AB itu seangkatan :D
mas AB: "oooo! aku tau!"
terus mas AB nulis jawabannya di papan tulis! dan segera dihapus sama yang lagi kita dzolimi. hihihi
maaf ya, kayaknya aku udah nggak kepengin nakal lagi sama kamu sama mas R. semester depan aku bakal jadi anak baik dan nggak macok2in lagi m(_ _)m
dan aku ngerasa hari itu praktikumnya berisik banget!
di akhir, entah gimana awalnya, kita ngomongin no HPnya mas AB.
mas AB: "o iya. nomer HP ku.. " "aku biasanya nggak bagi-bagi no HP""
fina: "kan tinggal liat di lokernya mas AB :p"
mas AB: "nggak ada. tuh liat sana"
fina: "wo iya e ._."
jadi, asisten biokim tu memang biasanya mbagi no HP. karna kadang, ngerjain laporan biokim itu agak kesulitan. asisten biokimia angkatan 2010 malah nulis no HP mereka di loker masing-masing.
terus kita berisik. malah ngomongin orang lain. terus si mas AB, "ya udah nih. aku tulisin no HP ku" sambil nulis di papan tulis sambil senyum-senyum sendiri.
fajar: "bahagia banget mas nulisnya!"
hihihi, padahal kita nggak ada yang minta!
apaan tuh?? katanya nggak suka bagi-bagi no HP! :p

tapi ternyata, kan ketika praktikum lipid, kelompoknya astri (aku manggil astri: paul) asistennya mas AB, waktu kita ngerjain laporan farmakologi di ruang tutorial 18 si paul bilang
paul: "eh sumpah ya. mas AB tu peliiit banget!"
fina, achar, dinar, ume: "kenapa??"
paul: "dia pelit banget ngasih nilai laporan"
achar: "enggak tuh. kita dikasih nilai 80 tuh."
  nilai tertinggi laporan biokimia adalah 80
dinar: "ada +++ lagi"
hihihi, kita yang udah diperlakukan baik sama mas AB langsung mbela mas AB ^^
fina: "o iya, paul bilang kelompoknya nggak dikasih no HPnya mas AB lho!"
kita: "oh ya??"
achar: "kukira mas AB bercanda lho waktu dia sok jual mahal nggak mau bagi no HP nya"
wah, diluar dugaan, ternyata memang mas AB itu baik!

terus satu lagi,
kan sejak nyingkat-nyingkat namanya mas R, kita jadi suka nyingkat nama orang. termasuk mas AB.
karna singkatannya agak ambigu (kesannya mirip nama asisten biokim yang lain), jadinya aku sering salah panggil! (sebut aja nama asisten yang lain itu AB2).
waktu kita mau praktikum lipid,
fina: "mas AB2!"
rencananya mau nyapa tapi failed! aku malah manggil nama asisten lain! -..-
mas AB: "siapa? aku bukan AB2 yaa"
tapi memang menurut mas AB, beberapa kali dia dipanggil AB2. hahaha, ternyata ada juga selain aku yang salah panggil :p
terus waktu praktikum kan aku kan nyari sesuatu. apa ya namanya aku nggak tau. pokoknya yang untuk nyangga tabung reaksi. udah keliling ruangan nggak ketemu. terus di deket mas AB,
fina: "mas AB2, kelompokku nggak ada penyangga tabungnya. udah keliling tapi nggak dapet"
mas AB: "siapa? kamu manggil siapa tadi??"
hahaha, nggak terima dia :p
sebenernya ketika aku ngomong, achar temen sekelompokku (satu kelompok isinya 2 orang) nemu penyangganya
mas AB: "nah itu ada"

kalau cuma salah manggil biasa sih nggak malu. tapi itu di ruangan yang sama ada mas AB2 juga!
gimana ya perasaannya mas AB2. dipanggil tapi kok yang manggil nengok ke arah orang lain! haha!
padahal aku ketika salah manggil mas AB itu agak teriak karna jarak kita dari mas AB agak jauh dan labnya berisik ._.

praktikum kedua: KARBOHIDRAT
nah, untuk pertama kalinya kita praktikumnya sama asisten dari GK.
praktikumnya cukup normal.
jadi nggak menarik untuk ditulis :p

praktikum ketiga: PROTEIN
jadi, kita praktikum karbohidrat hari kamis. hari jumatnya kita langsung praktikum protein!
bayangkan!! tega banget nggak sih yang bikin jadwal??
itu materinya buanyak banget!!
percobaan pengendapan sama sekali nggak aku baca!!
jadinya aku hampir blas nggak dong sama praktikumnya, dan hanya belajar dari kumpulan soal ._.
untung sukses pretestnya!! hahaha! ;)
kita praktikumnya sama mbak mayjend. mbaknya ketika PPSMB syeereeem banget. itu lhoo, yang dari GK. tapi ternyata orangnya baiiik banget :3
o iya, mbaknya namanya sama kayak ume lho ;)

praktikum keempat: LIPID
ini kita kebagian sama mbak AB3.
sebelum mulai praktikum, aku sama dinar sama achar (sama siapa lagi ya aku lupa. ucan po ya? ada dinarnya nggak ya waktu itu :/ wah aku lupa :p) kan nunggunya di lorong, di depan pintu ruang praktikum biokim. nah, pas kita lagi galau tentang jawaban dari kumpulan pretest, asistennya udah ada yang di depan pintu, siap-siap mulai praktikum
(praktikum biokim itu masuknya satu persatu sesuai urutan yang dipanggil sama asistennya)
nah, karna pretest belum mulai, terus kita tanya sama asistennya tentang soalnya tadi.
terus dijawab sama mbaknya.
dan you know what. pertanyaan yang kita tanyain ternyata keluar di pretestnya kita!!
ya ampun mbaknya baik banget kaaaan? :3
dan ternyata mbaknya tadi itu adalah mbak AB3, mbak asisten biokimia kita hari itu :3

mbaknya baiiiiik banget!
you know, di laporanku ada yang salah, tapi mbaknya tetep ngasih nilai 80++
pake ++!
+ nya ada 2!! *terharu*

ngomongin laporan,
peraturannya kan laporan dikumpulin dalam batas waktu 3 hari kerja. karna kita praktikumnya hari selasa, harusnya kan kita ngumpulinnya hari jumat. nah, tapi hari jumatnya itu jadwalnya cuma lecture agama islam! jadi terus kita nego.
fina: "mbak AB3, kita ngumpulin laporannya senin kan?"
mbak AB3: "kan 3 hari dek. (sambil ngitung pake jari) rabu.. kamis.. jumat"
kita: "mbaaaaak hari jumat tu kita libuuuuur"
mbak AB3: "libur? .. o maksudnya jadwalnya kosong?"
kita: "iya mbaaaaak"
nggak sepenuhnya bohong juga. kan yang non islam memang nggak ada jadwal ;)
mbak AB3: "ya kalau gitu dikumpulinnya hari kamis dong dek. hari jumat itu kan batas akhir pengumupulan. kalau dikumpulin sebelumnya kan lebih baik :)"
-..-
mbaknya bener banget
tapi kaaaan,
kita: "tapi mbaak, kita tu kamis ada praktikum anaaaaat"
mbak AB3: "mmm.. gimana ya.."
kita: "kita kumpulin senin pagi deh mbak! jam 7"   "jam 7?? kuliah jam 7 aja telat masa ngumpulin laporan jam 7??"   "ya daripada ngumpulinnya jumat??"
mbak AB3: "ya udah.. kumpulinnya hari senin. tapi nggak boleh lewat dari jam 12 ya"
kita: "YEEEEIIIIY!"

karna berisik, kelompok 19 denger, terus kayaknya mereka juga denger negosiasi kita. terus mereka yang praktikumnya sama mas AB, minta ke mas AB supaya ngumpulin laporannya hari senin juga.
tapi nggak dikasih!
kalau untuk masalah ini kita juga digituin kok.
kita kan praktikum digestion tanggal 27 desember, hari kamis. karna ada libur tahun baru, tanggal 31 des sama 1 januari libur. artinya, kalau diitung pake peraturan yang 3 hari kerja itu, kira harusnya ngumpulinnya hari kamis kan?
mas AB: "ngumpulin laporannya hari rabu."
kita: "lho kok rabu mas?? kan tanggal 31 libur. jadi ngumpulinnya hari kamiiiiis"
mas AB: "nggak yaaa. tanggal 31 tu bukan tanggal merah. kalian aja yang libur. tapi kan tanggal 31 masih diitung sebagai hari kerja"
kita: "-_________-"
jadi memang masnya kalau urusan waktu pengumpulan kayaknya memang nggak bisa dinego deh :B

praktikum kelima: VITAMIN C
ini adalah praktikum biokimia kita yang terakhir di blok 1.3
kita kebagian sama mbak-mbak asisten biokim yang belum pernah kita liat sebelumnya.
ternyata nama mbaknya adalah mbak AB4 (ya sebenernya bukan AB4 juga sih :p)
mbaknya agak galak mukanya.
dan ternyata memang disiplin banget!
tau kaaaaan, anak kelompok 18 tu gimana kelakuannya?
jadi sebenernya kita cocok kalau praktikum sama mbak AB4. jadi tertata gitu kelakuannya ;)

tapi sebenernya,
mbak AB4 itu baaaiiiiiiik banget!
kan si ucan suka masang muka serem. nah, mbaknya ketika njelasin jadi berhenti bentar njelasinnya terus ngomentarin ekspresinya si ucan yang galak itu
kita: "ucan memang gitu kok mbak. lagi biasa aja sereeem. apalagi kalau ada yang nyela dia ketika tutorial!"
mbak AB4: "mukamu memang kesannya galak ya?"
ucan: "nggak tau tuh mbak. padahal aku biasa aja"
mbak AB4: "tos dek! aku juga dibilang gitu kok. aku disuruh daftar jadi komdis ospek karna katanya mukaku galak. padahal bukan maksudku masang muka galak. ya masa kalau jalan harus sambil cengengesan??"
achar bisik-bisik ke aku: "wah fin, tersindir nih kita"
hahaha!

jadi, mbak AB4 itu care banget sama kita. pokoknya mbaknya mau kita semua kebagian giliran pakai alat karna di praktikum-praktikum yang akan datang kita akan banyak pakai alat-alat ini. jadi dari sekarang harus pernah nyoba dan bisa.
baik kaaaan?? :3
terus waktu kita bahas laporan,
mbak AB4: "kalau sama aku, ngumpulin laporan paling lambat satu minggu"
kita: "...."
mbak AB4: "..."
kita: "..."    "YEEEEEIIIIIIY! serius mbak seminggu??"
mbak AB4: "iya seminggu. tapi nggak boleh telat yaa"
ya Allah, memang mbak-mbak asisten biokim baik baik ya T____T

gitu ceritanya,
untuk anak-anak PD 2012, selamat libur yaa :D
libur sesungguhnya yang pertama bagi kita setelah jadi mahasiswa PD
haha ;)

2 comments:

  1. hahahaha, gue tau gue tau gue tauuuuu mas AB hahaha xD

    ntar 1.4 gimana ya praktikumnyaa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha! kusingkat supaya nggak mencemarkan nama mas AB! ;)

      aaaaaaa, pokoknya aku nggak mau kalau disuruh jadi probandus urin. hahaha :p

      Delete