Thursday 6 February 2014

Week 1 Block 2.4 :)

Week 1 blok 2.4 sudah selesaaaaaaaai!
Yaa, paling nggak udah selesai untuk kami anak kelompok tutorial 1 yang karena hari ini udah tutorial, bsk jadi kosong nggak ada jadwal :D

Blok 2.4 judulnya adolescent
Dari overview sih kayaknya blok ini seru karena blok ini bahas tentang kita. Remaja.
Week 1 sih masih fisiologi gimanaa gitu, week 2-3 mulai masuk DV, week 4-5 bahas tentang kejiwaan! XD
Akhirnya masuk juga di blok yang ada Sp.KJnya :")

Tutorial minggu ini kami kedatengan 'tamu'. Seorang kakak angkatan yang ikut double block. Awalnya aku nggak tau kalau ternyata dia double block karena setauku dia sangat amat pinter. Kok tau dia pinter? Bukti dari pernyataanku adalah karena dia asisten anatomi. Mana ada asisten anat yang nggak pinter kan? :p

Awalnya aku kira masnya ikut tutorial kita tu karena disuruh sama bu tutor untuk ngerjain apaaaan gitu. Nggak ada kecurigaan double block sama sekali. Makanya aku kaget waktu dikasih tau alfi dia double block.
Fina: "Emangnya nilainya dia berapa?"
Alfi: "A/B fin"
Fina: -___________-
beda dunia banget. Nggak serumpun emang aku sama asisten2 anat. Sehina itu ya nilai A/B?? -..-

Kan tadi habis tutorial kita pada ngobrol. Terus aku tanya ke dia, sebut saja mas itu namanya mas KA,
Fina: "Emangnya sehina itu ya nilai A/B"
Mas KA: "Bukan gitu. Soalnya katanya ditahun ketiga ini bloknya sulit."
Jadi intinya masnya mau 'nabung nilai' untuk bekal IPK siapa tau blok depan sulit banget. Menurut gosip dari mas KA sih, blok 3.5 adalah blok yang paling sulit, melebihi blok 2.3 sekalipun!!

Mas KA juga cerita bahwa dia dulu nggak belajar buat blok 2.4. Tahun lalu dia sibuk belajar buat seleksi asisten anatomi. Emang sih dari luar keliatannya seleksi anatomi sangar banget. Hasil saringannya aja setengah manusia gitu. Dewo banget pinternya -___- Selain mas KA, setauku ada 2 asisten anat lainnya yang juga double block. Emang harus total ya kalau mau belajar buat seleksi asisten :o
Tapi ya mas KA super banget. Nggak belajar aja nilainya A/B!

Terus mas KA jadi cerita asiknya jadi asisten anat. Banyak banget pengalamannya. Kadang diajak penelitian, ikut diseksi kadaver, dll. Banyak dapet kenalan juga. Dan digaji juga. Terus makan siang dan snack juga dapet teruus. Wah, makmur banget deh jadi asisten anat!
Fina: "Tapi mas, pengorbanannya juga berat banget kan?"
Mas KA: "Tapi worth it kok"
Kami terus jadi ngomongin pengennya jadi asisten apa. Widha kepengin asisten PA. Kirain kan ocep kepengin anat, terus ocep bilang, "Nggak ah.. Kalau anat kayaknya nggak kuat aku" hahaha!
Aku sama ana kepengin jadi asisten mahasiswa (skills lab)
Mas KA: "Jadi asisten departemen manapun tu pasti banyak dapet manfaatnya kok. Skills lab juga kan nanti yang ngelatih dokter expert langsung."

Denger cerita dari mas KA jadi mulai kepengin lagi jadi asisten nih. Sebenernya aku kepenginnya masih imbas-imbis. Tapi bener juga kata mas KA, banyak pengalamannya! Dia aja katanya selain buat FK juga ngajar ditempat lain. Digaji jugalah pastinya. Nggak cuma materi, pengalaman ngajar juga kan bagus.

Sayangnya aku belum ada persiapan buat seleksi asisten mahasiswa! Duh parah banget. Padahal udah sejak lama masukin textbooknya Bate's ke ipad T____T
Yaudah mumpung besok libur rencananya insyaAllah baca2 lah. Sampai hari ini aku masih belum dong pemeriksaan paru soalnya. PARAAAAHHH! Untung pas OSCE dapetnya kasus abdomen :p



Oiya, besok sabtu mau ada khitan massal lagi! Yang ini dalam rangka dies natalis UGM kayaknya. InsyaAllah aku mau ikut. Semoga pasiennya banyak, aku dan temen2 bisa liat banyak dan dapet pengalaman banyak. Emang masuk TBMM tu beneficial banget! Nggak nyesel masuk TBMM! XD

No comments:

Post a Comment