Saturday 8 February 2014

Sirkumsisi kedua!!

Seperti yang aku tulis sebelumnya, hari ini diadakan sirkumsisi dalam rangka dies natalis.
Aku udah semangat banget, udah nyiapin macem2, termasuk belajar lagi sejak malem sebelumnya.
Pokoknya semangat banget!
...
Sialnya saking semangatnya aku malah jadi sulit tidur malemnya!
Habis subuhan aku tidur dan kebablasen!
Bangun bangun udah jam 9.17!
Padahal janjiannya kumpul jam 7 di RP T________T
Langsung loncat, lari ke kamar mandi, mandi kilat, nggak pake sarapan langsung ngebut menuju FK.
Bapak, "Nggak usah ngebut nduk"
Maaf ya pak, akhirnya aku tadi ngebut T_____T

Sampe di FK langsung lari menuju ismangun, karena memang di situ lokasi sunatannya. Masuk. Ketemu Hafiq. Dia lagi duduk di depan tirai yg ditutup (tempat sirkumnya)
F: "Dinar mana fiq?"
H: "Di dalem"
terus aku nyariin dinar. Di ruangan itu dipake untuk 2 tempat sirkumsisi.
F: "Nggak ada tuh"
H: "Wah berarti di sana (ruang lain)"
F: "Oyaudah tak ke sana deh. Lha kamu kok di sini ngapain?"
H: "Hah? .. Mmm **********" (Hafiq kayak enggan gitu waktu mau ngasih tau aku kenapa)
(demi menjaga nama baik Hafiq, kusensor deh :p)
F: "Serius?? Ya ampuuuun. HAHAHA. Ya udah tak cari Dinar dulu ya"

Terus aku keluar menuju ruangan lain. Di ruangan ini dibagi jadi 4 tempat sirkumsisi.
Ternyata Dinar ada di sini. Dia jadi asisten dokter yg sama kayak dulu jadi operator sirkum kelompokku pas TBMM dulu. Sebut saja beliau dr. A
F: "Diiiiin, aku tadi ketiduran!"
D: "Ya ampun fin! Aku kira kenapa2."
F: (sambil bisik2) "Din, ini dr. A yang aku ceritain kemaren"
D: (kaget) "O yang iniii"
Terus karena udah berjalan ya udah aku ngikut aja sama Dinar. Selain dr. A dan Dinar, ada lagi satu dokter yang ngawasin doang dan satu orang mas koas.
Walaupun baru dateng, aku tetep berguna lhoo.
Aku bantuin gunting2 dan buka salep hehehe. Dan nonton juga lah pastinya. Nonton di samping pak dokter persis, posisiku yang biasa kayak dulu ;)
Aku suka banget style nya dr. A menghadapi anak kecil yg nangis pas di sirkumsisi. Ternyata nggak semua dokter banyak interaksi sama adek yg lagi dikhitan lho! Paling cuma, "Iya.. Iya.. Sebentar lagi kok ini.."

Terus setelah selesai, aku keliling lagi. Ketemu Galuh. Terus akhirnya aku sama Galuh mbalik ke ruangan yang ada Dinarnya, terus kita bertiga jadi ngelompok.
Terus kan aku bantuin dokternya yang lagi siap2. Terus setelah siap, beliau tanya "Ini siapa yg jadi asisten?"
F, D, G: "Saya!"
Pak dokter: "Lho kan asistennya 2"
D: "Saya bantu2 aja kok dok"
Maksudnya Dinar jadi asisten non-steril.

Ternyata yg ngesirkum bukan dokter yang tadi. Dokter lain. Beliau yg tadi tugasnya nyiap2in aja kayaknya.
Hmmmm.. beliau yg jadi operator inisialnya juga A e.. Yaaah, sebut saja dr. A2 lah yaa :p
Seharusnya sih yang jadi asisten 2: 1 anak TBMM, 1 nya koas. Tapi di situ nggak ada koasnya. Jadinya ya cuma kita bertiga yang masih unyu2 belum tau apa2 ini! Kata pak dokter yg tadi nyiap2in nggak papa .____.
Sebelum mulai, ada dokter yg keliling. Sama dr. A2 dipanggil disuruh di situ aja nemenin. Tapi beliau juga non-steril maaaaaaaaan. Gimana dong?? Aku sama Galuh yang masih unyu, OSCE sunat aja belum, ini masa jadi asisten steril banget??

Ya udah terus mulai. Pasien kita namanya dek H. Anak ini pinteeerr banget. Aku suka soalnya awalnya dia kayak malu2 gitu, tapi pas di sirkum dan dianestesi berani banget, nggak nangis, nggak teriak, nggak berontak sama sekali! Sampe dr. A2 malah khawatir, si Dinar dapet tugas tambahan memastikan dek H nggak tidur dan tetep sadar. Kata dr. A2 sih, kalau diem aja kan takutnya kalau ternyata anak ini alergi lidocaine atau apa terus shock terus kita malah nggak tau. Jadi sebenernya kalau anak nangis tu malah bermanfaat ya :D

Habis di anestesi (dr. A2 pake teknik blok DAN infiltrasi), terus kita langsung mulai. Waktu dibuka, ternyata penisnya bersih, nggak ada smegmanya!
F: "Wah bersih banget dok. Yaaaaaaaah, padahal saya pengin lihat smegma dok :("
Terus di klem. Ngeklemnya agak lama soalnya emang preputiumnya agak mbingungi kalau menurutku. Oiya, sama dokternya aku disuruh ngecek anestesinya lho. Pake pinset sirurgis preputiumnya tak jepit. Tapi aku agak nggak tega. Tapi setelah dia bilang nggak sakit, aku jadi tega terus tak jepit lagi lebih kenceng. Dia tetep bilang nggak sakit. Syukurlah :)
Habis itu digunting di arah jam 12, jahit kontrol. Eeeeehh, malah berdarah. Terus dijahit lagi.
Selama ngasistenin, aku kacau banget! Untung pak dokter yg non-steril tadi di sebelahku selalu ngasih tau aku harus ngapain. Soalnya kayaknya aku bikin kesalahan teruuuus T____T
Pas itu aku tugasnya jadi asisten yg bener2 di seberangnya dokter operator. Galuh yang ada di sebelahnya dokter operator, tugas utamanya nggunting benang. Aku ngedep sama nyiapin alat2.
Lha aku, sekalinya nggungting, benangnya sampe lepas. Jadinya dr. A2 harus njahit sekali lagi! Padahal itu di frenulum! Untung nggak berdarah (berdarah deng. Dikit doang tapi) T_________T
Ya udah deh, tugas tambahan selain ngedep adalah megangin penis adeknya supaya dr. A2 gampang njahitnya. Yaaaah, paling nggak, walaupun sempet mengacau, tetep ada bantuannya lah ya :")

Sirkumsisi adek H dengan dr. A2 ini cepet banget! Aku jadi percaya bahwa stase sirkumsisi di OSCE cuma 20 menit itu bukannya nggak mungkin dilakukan :")
dr. A2 kereeennnnnnnnnnn banget!
Setelah jan e udah selesai, tapi kan kita masih observasi siapa tau ada yg masih perdarahan, terus akhirnya sama dr. A2 dijahit lagi. Sebenernya aku nggak liat masih ada yg ngerembes sih, ya mungkin biar rapi aja lukanya.
Buset, pokoknya sunat yg ini adalah sunat termulus yg pernah aku ikuti!
dr. A2 super keren!! XD

Selama kita nyirkum adek H ini kan banyak dokter yang sliweran ngeliatin sana-sini. Terus ada pak dokter baju biru yg dateng, terus beliau nyeritain tragedinya si Hafiq! HAHAHAHAHAHAHA! Sampe dokternya cerita kesini padahal kita beda ruang lho!
Siap2 di-bully residen pas koas di bagian urologi ya Fiq! LOL! XD

Terus setelah adek H selesai, kirain kan pasiennya udah habis. Ternyata belum. Terus kita siap2 lagi. Tapi adek ini kayaknya ketakutaaaaaan banget. Namanya adek M. Dia nggak mau disunat.
Adek M: "Lihat guntingnya"
Dia mau lihat peralatannya dulu pokoknya sebelum di sunat. Ya udah tak kasih liat.
F: "Ini lho dek suntiknya. Nggak gedhe kaan?"
Padahal kalau menurutku ya itu gedhe banget! Apalagi tadi dr. A2 waktu nganestesi dek H kayaknya dalem banget.
Terus dia nimbang2. Terus tapi dia tetep nggak mau. Padahal udah minta ditemenin. Teteeeep aja nggak mau. Akhirnya aku, Galuh, Dinar, sama Gita (yg tadi ikutan masuk) keluar. Kayaknya adeknya malu lepas celana kalau ada perempuan.
Terus aku kesebelah. Ternyata di sebelah juga ada yg baru mau sirkum.
Aku ikut pak dokternya yg tadi nyiapin alat siap2 alat. Tadi kan paling cuma mbukain kassa steril, yg kali ini aku disuruh dokternya aspirasi lidocaine!! XD *ncen nggumunan. Maafkan ya*
Pak dokter: "Diputer ke kanan dulu dek"
F: "??"
Pak dokter: "Tadi sebelum kamu buka udah diputer ke kanan belum?"
F: "Belum dok"
Terus tak tutup lagi. Terus tiba2 lupa 'kanan' tu ke arah mana -_______-
Pak dokter: "Bukan ke situ dek. Sebaliknya"
-_______________-
Udah tak isi sampe 2 ampul, terus adeknya masuk.
Namanya dek N. Ternyata dia juga nggak berani. Dibujuk2 tetep nggak mau. Apa karena aku tadi cerita kalau adek M nggak mau kalau ada cewek, terus dek N ini juga denger, terus dia termotivasi untuk 'ngusir' kita yg cewek2. Pokoknya terus sama dokter yg mau jadi operatornya, kita disuruh keluar dulu T___T

Yaudah deh terus aku ke tempatnya dek M. Ternyata ini juga belum mulai. Dia tetep takut disunat! Waktu dokter operatornya mau nyuntik aja tangannya pak dokter disampluk.
Pak dokternya sih nggak maksain. Tapi beliau tegas.
Dokter operator: "Mau disunat nggak? Kalau nggak mau ya nggak papa. Lain kali saja. Kalau mau, tangannya ditaruh diatas"
Dek M akhirnya ngalah dan mau koorperatif. Tiwas susah2 ngebujuk, ternyata dia kontraindikasi!!
Setelah penisnya diangkat barulah ketauan kalau ternyata dia webbed penis. Padahal keliatannya baik2 aja lho sebelum diangkat. Terus pak dokter baju biru dipanggil sama dokter operatornya (kayaknya beliau lumayan senior apa gimanaaa gitu).
Minta second opinion kayaknya. Terus pak dokter baju biru liat, dan setuju kalau ini webbed penis. Jadi dek M batal disunat deh. Kayaknya dia bahagiaaaa banget nggak jadi disunat :p

Terus aku mbalik ke dek N. Ternyata dia masih belum mau disunat!
Dokter2 residennya udah banyak kumpul di sana mbujuk dek N.
Bahkan ada dokter yg mbujuk sambil bercanda gesture mau buka celana supaya adeknya mau disunat! Dokternya nemenin ceritanya.. Hahaha!
Tadi waktu aku masih di dalem aja dokternya malah nawarin, "Kamu yang disunat, aku yang copot celana po?"
LOL! XD
Tapi akhirnya adek N tetep nggak mau. Dokternya sih nggak mau maksa. Pak dokter yg harusnya jadi operator udah keluar duluan malah. Yang lain masih ngobrol sama dek N, usaha terakhir mbujuk. Tapi tetep nggak mau. Ya udah nggak papa. Kata dokternya sih ntar masih banyak yg ngadain khitan gratis. Besok khitannya ikut khitan massal bareng TBMM aja ya, dek N :))

Terus setelah menelan kekecewaan batal liat sirkum ketiga hari itu, aku sama Dinar kan mau cuci tangan. Karna air di kran yg di ruang ini kecil, aku sama Dinar menuju ruang satunya. Dan ternyata masih ada adek yg lagi dikerjain.
Aku nggak tau adeknya sebenernya kenapa. Katanya, adek pasien ini tadi udah disunat, tapi terus perdarahan *kayaknya*
Terus aku masuk, ternyata yg ada di dalem dr. A2 sebagai asisten, pak dokter baju biru sebagai operator, sama pak dokter satu lagi yg jadi asisten non-steril.
F: "Dok, saya boleh ikut lihat?"
Terus karna dibolehin, aku sama Dinar langsung cari gloves bersih. Karena nggak ada di ruang itu, kita nyampe ke ruang yang satunya. Padahal lumayan jauh. Aku sampe lari.
F: "Ayo Diiiiin! Keburu selesai!!"
Waktu aku masuk, ternyata pada ikutan masuk, sama pak dokter baju biru (setelah ini kita sebut dr. BB) disuruh pada keluar
dr. BB: "Jangan banyak-banyak"
Terus pada keluar kecuali aku sama Dinar :D

Ini adeknya masalahnya ada di daerah arah jam 9. Dari daerah situ sumber perdarahannya. Sama dr. BB dibuka lagi jahitannya di daerah jam 9, dicariin sumber perdarahannya. Nyarinya lumayan lama. Emang sulit sih. Agak dalem. Kalau dari sudut pandangku yg baru berapa kali ikutan bedah, yg masih awam banget ini, itu yg keliatan cuma darah doang. Darahnya banyak banget. Waktu dipencet sama dr. BB juga tadi darahnya sampe moncrot. Didep berkali2 tetep suliiiit cari sumber perdarahan karna nggak berhenti2. Terus dr. A2 tanya ke bapaknya pasien. Nama pasiennya dek A.
dr. A2: "Pak, memang biasanya kalau berdarah berhentinya lama?"
Bapaknya dek A: "Nggak tuh dok. Biasa aja"
Terus akhirnya berhasil ketemu, terus diligasi pake figure of eight. AKHIRNYA perdarahan berhenti. Terus udah deh tinggal dijahit2 ngerapiin sama mastiin nggak ada perdarahan di tempat lain.

Kan selama dikerjain, dek A ini nangiiiiiis terus. Terus aku berusaha ngajak ngobrol adeknya. Dinar juga terus ikutan ngobrol sama adeknya. Ya berhasil sih, dia mau jawab pertanyaan2 kita yg sok asik. Tapi tetep aja diselingi nangis. Sampe suatu waktu dr. BB minta dek A ngelemesin kakinya. Terus semua orang pada bilang, "Lemesin dek kakinya"
Kan berisik tuh. Adeknya juga mungkin malah jadi panik. Terus dr BB,
dr. BB: "Udah udah. Nggak usah diberisikin lagi"  .. Sambil nyikut aku -________-
Maaf ya dok saya berisik banget .__.

Hari ini seruuuuu banget! Aku seneeeeeng banget karena dapet buanyak banget pengalaman.
Jadi asisten steril, tercapai. Kepengin lihat penis yg kontraindikasi, juga kesampean. Dapet kesempatan lihat 3 sirkumsisi pula! ASYIIIKK BANGETT! :3
Beneran deh, ini kalau aku bukan anggota TBMM belum tentu dapet pengalaman sebanyak ini (malah kayak promosi :p)

Waktu mau pulang, waktu pamit sama dokternya, aku sempet bilang, "Dok, kalau ada (sirkumsisi) lagi ajakin kita lagi ya!"
XD
Bahagia banget. Alhamdulillah :)

No comments:

Post a Comment