Saturday 6 October 2012

being a medical student :)

hahaha! terakhir ngeblog, nulis PPSMB. belum pernah cerita tentang kuliah ya :o
jan e nek cuma facebook aku tetep buka-buka. cuma kalau blog memang agak susah. ditambah lagi dari sekolah kita udah ada PR mingguan untuk bikin "diary" -..-

sejauh ini sih aku sangat suka jadi mahasiswa kedokteran. ASIK :D
iya sih.. aku suram banget histologinya.. kuliah juga cuma numpang duduk.. tapi kan..
hehe :p

jadi, dimulai dari yang tersuram ya: histologi.
histologi itu mempelajari sel.
tolong ya:
1. aku nggak tertarik sama materinya
2. pretest - posttest juga kayaknya nggak pernah sukses
3. aku nggak bisa gambar
4. mataku selalu sakit ketika pake mikroskop. pusing lagi -..-
hahaha, suram banget kan? makanya aku badmood setiap mau ada histo. untung blok 1.1 cuma ada 2x praktikum histo :D
tapi itu aja udah cukup membuat hari hari ku di fk suram -..-

yang suram lainnya: kuliah ;)
jadi, aku, inem, astri, sama yulia selalu bersama di tiap lecture *halah*
awal-awal ikut lecture itu kita kalau duduk pasti di paling belakang. kita telat sih. di sini telat dikit aja udah nggak kebagian duduk di depan. adapun paling yang dipojok-pojok. dan kalau udah di belakang ngapain lagi kalau nggak ngobrol? :p
sampe suatu hari si inem membulatkan tekad untuk duduk di depan. akhirnya dapet! di kuliahnya dr. mansyur romi kita duduk paling depan B)
bayangkan! udah duduk paling depan tetep ngobrol -..-
malah waktu kuliah 2 jam belum lama ini kita malah main ipad -..-
kuliah 2 jam yang sia-sia padahal materine (ketoke) angel -..-

terus skills lab:
jadi, yang tiap minggu selalu terjadwal adalah skills lab. dari dasar banget. kali pertama itu materinya adalah introducing. di dalamnya juga ada materi jenis-jenis komunikasi. dasar banget kan? tapi justru asik :3
yang nggak asik adalah: mboh kenapa group D tu sering reschedule! kelompokku malah baru skills lab yang kedua di minggu ke-4 -..-
tapi asik loh! haha ;)

yang amat penting: tutorial
tutorial itu kalau menurutku malah yang paling penting.
pernah denger kan kalau kuliah itu beda sama SMA? ya di sesi ini paling kerasa bedanya.
kita dikasih skenario tiap minggunya. seminggu 2x tutorial. satu kelompok tutorial paling banyak 10 orang. dan tiap 2 minggu tutornya ganti.
kalau jadwal kita reguler 2012 itu senin-kamis. jadi hari senin itu pulang tutorial kita punya PR yang biar keren namanya LO B)
nah ini nih.. sumber untuk cari LO itu nggak boleh asal! padahal materinya juga nggak gampang. yang parah: textbooknya bahasa inggris! ya ada sih kalau mau baca yang bahasa indonesia. tapi nggak disaranin sama bu Herwi.
kenapa ini jadi penting? karna kebanyakan aku jadi ngerti sama materi kuliah (kalau pas ndengerin) setelah aku udah baca-baca materinya untuk ngerjain LO.
sayangnya aku cukup moody dalam menghadapi tutorial -..-
untung alhamdulillah aku dapet kelompok tutorial yang klop. kata dr. BJ, kelompok yang solid itu penting dalam keberhasilan belajar kita. ini temen-temen tutorialku pada sejenis semua sama aku. makanya, terancam gagal nih rencana ngubah image jadi wanita santun! ;)
astri yang ikut tentir anatomi bareng sebagian kelompokku itu sampe ketagihan mau ikut lagi! dia juga kayaknya "lupa" kalau dia mau juga ngubah image. ketawamu sama sekali nggak santun trek ;)
waktu medterm kemaren malah suaranya dari ruangan kami sampe kemana-mana dan pak dokternya juga sampe ikut ketawa-tawa karna kita memang racun sekali ;D

ada lagi: praktikum fisiologi.
aku baru sekali loh ikut fisiologi :D
memang di blok 1.1 kayaknya cuma dua kali kok praktikumnya.
yang pertama itu praktikum kinetic work. probandusnya bos amri. haha! padahal itu yang ditumbalkan awalnya si fajar. tapi karna kita salah, terus harus ngulang. padahal udah fatigue itu si dedek fajar! hahaha! :p
yang nggak seru dari fisiologi adalah: harus ngerjain laporan -..-
tapi bukan kelompok 18 namanya kalau nggak heboh: kita teriak-teriak minta tolong petugasnya ketika kita nggak ngerti cara pake software untuk ergographnya udah kayak ibu hamil siap melahirkan! sampe kelompok lain pada berhenti kerja dan ngeliatin kelompokku ^^

satu lagiiii: praktikum anatomi
ini semacam momok bagi kami. padahal kontribusi praktikum anatomi ke nilai itu nggak nyampe 10% (kayaknya)
gambarannya: kami anak-anak PD, ketika SG AAI di maskam, bukannya ndengerin ceramahnya, tapi malah ngapalin tulang! soalnya itu bisa dibilang kali pertama kita praktikum beneran. yang pertamakan medical terminologynya dulu (itu aja aku nyaris inhal -..-).
untuk blok 1.1 materinya: osteology, arthrology, sama myology.
untuk arthrology nggak terlalu detil. maksudku nggak sampe kita jelajahi di cadavernya.
o iya ngomong-ngomong soal cadaver, aku itu sampe hari ini masih takut lho sama cadaver -..-
bayangin, pulang praktikum, belajar sampe malem terus entah darimana kecium aroma formalin!
malem itu aku tidur sama ibu bapakku! T.T
belajar dengan cadaver itu sebenernya enak sih..
jadi gini, memang aku yang nekat sih, ketika itu materinya upper limb. aku belum belajar sama sekali padahal itu H-1 praktikum. sorenya, kan kita tentir sama mas asdos paling kece: mas rakhian. tapi ketika itu, walau udah ada gambar dari KLMnya mas rakhian, tapi nggak semua otot kita cek di KLMnya. aku cuma perhatiin aja otot apa di mana dari kata-katanya mas rakhian dan dari yang ditunjukkin mas rakhian di badannya sendiri. malemnya aku bikin ulang catetan dari yang diomongin mas rakhian. udah. terus aku tidur. padahal aku nyatetnya nyambi ngapa-ngapain. paginya, ketika kuliah aku malah ngapalin origo dan insersinya. kira-kira sampe 3 jam sebelum praktikum kan kosong, aku pake untuk ngelanjutin ngapalin origo, insersi, dan fungsi tanpa liat gambar. padahal temen-temen udah bilang ngapalinnya sambil liat gambar tapi akunya ngeyel :(
jadinya ketika aku liat gambar di sobotta aku panik!
waktu udah tinggal nggak nyampe 2 jam lagi tapi aku masih nggak tau otot apa yang manaaa! sementara satu jam terakhir adalah waktu untuk solat dan makan! jadi siang itu aku cuma ngemil. antisipasi biar nggak muntah juga sih.
udah hampir nangis itu aku. dengan 3 alasan utama:
1. aku belum lanyah liat gambar
2. aku nggak kuat bau formalinnya
3. aku belum berani liat cadaver :'(
sampe kira-kira 3 menit menjelang pretest itu aku masih hoek-hoek di dalem lab karna nggak kuat sama baunya. astri yang duduk di belakangku juga ( XD). selain itu, karna ruang pretestnya kan ya di dalem lab, jadinya kita pretest tu satu ruangan sama cadaver-cadaver! T.T
pasrah deh..
akhirnya menit terakhir sebelum pretest aku berhasil bisa ikhlas untuk: yoweslah inhal rapopo.
sebenernya ketika pretest, masih keganggu baunya tapi udah nggak hoek-hoek. terus mas pak dokternya bilang,"yak pretest dimulai. soal no.1!". ketika itu udah mulai fokus.
seperti yang mas rakhian bilang, soalnya adalah foto cadaver T.T
tapi ternyata aku suudzon saudara-saudara! entah dapet ilham dari mana, aku langsung mengenali itu otot apa karna soalnya adalah foto cadaver! justru pretest hari itu aku paling yakin dengan jawaban-jawabanku. (maklum, pretest-pretest sebelumnya rada main insting ;)) dari 5 soal, aku cuma ragu satu dan yah ternyata itu salah sih. tapi salahnya konyol!
padahal waktu tentir udah ditekankan kalo caput Longum itu Lateral tapi aku tetep jawab itu musculus biceps brachii caput longum padahal jelas jelas yang ditunjuk adalah yang amat sangat mediaaal! aaaa mas rakhiaaaan, aku memang adek angkatan yang durhaka T.T
coba soalnya dari sobotta, mungkin malah gagal aku hari itu :D

haha, kenapa anat jadi cerita yang terakhir? karna minggu depan kita tentamen brrro! tentamen itu ujian anatomi. ketika kita minta bocoran cerita tentamen, kata mas/mbak asdosnya nanti soalnya 60. dan itu preparatnya nanti sangat mungkin untuk dibolak-balik. jadi, kata mas erwin, kita harus bisa bedain, minimal mana yang anterior mana yang posterior, mana yang dextra mana yang sinistra untuk bisa jawab dengan benar, karena jawabnya harus LENGKAP, misalnya itu trochanter mayor os. femoris dextra atau sinistra. padahal KITA nggak boleh pegang preparat, apalagi ngubah posisinya. jadi harus bener-bener paham dengan ciri khusus tiap bagian. (yang serem sih bagian carpal sama vertebrae.. bismillah, insyaAllah aku nggak keliru dan penerangan ruangan untuk tulang-tulang yang mini mini itu oke)
terus kata mbak asdos yang pas osteo II (maaf mbak aku lupa namamu :D), memang nanti dibikin ada soal yang nggak untuk dijawab alias super susah! "ya masak nek gampang-gampang nanti ada yang nilainya 100 dek?" wah, bercanda ini mbaknya -..-
kata mas prima sih," nanti ada 60 soal: 30 soal mudah, 20 soal menengah, yang 10 susah"
jadi sebenernya asalkan kita bisa sukses itu ngerjain soal-soal yang digolongkan "mudah" sama mas prima tadi, kita udah bisa nggak inhal karna nilai minimal adalah 50.
aku sih, walau nggak ada cita-cita jadi asdos anatomi, sangat amat berharap sehingga tidak pernah lupa kupanjatkan disetiap doaku agar aku nggak inhal anatomi! aku udah suram di histo.. jadi bener bener berusaha di anatomi :D
kata mbak distya, yang penting jangan buru-buru nulis jawaban. tenang. dipikir bener-bener dulu baru ditulis! karena nanti nggak bisa ngubah jawaban kalau pas tentamen.
aaaa doakan aku ya T.T
mottoku: sukseskan pretest tanpa inhal dan nilai tentamen sama kayak asdos yang nentir! ;)
hahaha!
amiin :)


1 comment:

  1. Ciee, semangat fina! :D
    pretestku isinya listrik -_____-
    kapan main? HAHA :D

    ReplyDelete